Trik Tokcer Lepas Stiker di Mobil Tanpa Berbekas

lepas stiker pada mobil
Sumber :
  • cars.com

VIVA.co.id – Menempelkan stiker pada kaca mobil sering kali meninggalkan bekas lem yang susah dihilangkan. Begitupun stiker iklan produk yang menutupi kaca mobil bagian belakang. Maka untuk melepasnya dibutuhkan cara khusus.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Jana, penggawa JPM salon mobil di kawasan MGK Kemayoran, Jakarta, ada cara tokcer yang kerap digunakan untuk melepas stiker di mobil. Namun semua tentu kembali pada bahan stiker yang digunakan. Tetapi rata-rata kebanyakan stiker mudah lepas jika dipanaskan terlebih dahulu dengan heat gun. Sebab jika tidak menggunakan barang tersebut, akan membutuhkan waktu lama.

"Lem stiker yang menempel di kaca mudah terangkat kalau sudah dipanaskan. Makanya heat gun diperlukan, meskipun masih ada lem yang menempel di kaca bersihkannya mudah tinggal pakai sabun saja," ujar Jana saat berbincang VIVA.co.id, Senin 12 September 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk melepas stiker bahan ritrama atau oracal, jelas lebih mudah oracal. Karena bahan ini mempunyai kelenturan dan daya pekat lem yang lebih mudah terangkat. Maka tidak heran kalau harganya lebih mahal dibanding ritrama yang digunakan untuk stiker iklan di mobil.

"Yang pasti kaca tidak akan rusak, tergantung posisi stiker ada di dalam atau di luar. Kalau stiker di luar, kaca film warnanya akan lebih gelap meskipun stiker itu bolong-bolong. Kalau stiker di dalam kaca hanya menyisakan flek (noda)," sambungnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk kasus melepas stiker di bagian kaca belakang mobil, ada satu hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Karena kalau menggunakan heat gun, disarankan tidak terlalu panas. Karena jika terlalu panas akan merusak defogger. (hd)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022