Knalpot Motor Berasap Putih Cuma Tiap Pagi, Gejala Apa?

Ilustrasi knalpot motor
Sumber :

VIVA.co.id – Masalah asap putih pada knalpot motor kerap ditemui pemilik kendaraan. Biasanya banyak orang langsung beranggapan jika masalah itu datang akibat rusaknya bagian ring atau seher.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun pada beberapa kasus, asap putih yang keluar dari knalpot juga bisa ditimbulkan akibat rusaknya beberapa komponen lain. Untuk mengenalinya, ada cara mudah yang bisa diterapkan, yakni dengan melihat kondisi dan waktu asap putih keluar dari knalpot. 

Apabila asap putih keluar setiap berjalan dari mulai dihidupkan, bisa jadi menyerang pada silinder head, ring dan seher mesin. Tapi kalau hanya keluar dalam kondisi pagi atau saat mesin dingin ini menandakan bahwa sil klep sudah aus. Demikian seperti dilansir di situs resmi Honda, Jumat 22 September 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bocornya sil klep memang kerap terjadi, hal ini dikarenakan akibat masa guna kendaraan. Untuk lebih memastikannya lagi, memang harus membongkar silinder head.

Apabila pada katup klep terdapat kerak oli, hal ini menandakan bahwa ada kebocoran yang dikarenakan sil sudah aus sehingga menyebabkan oli rembes hingga masuk ke ruang bakar. (mus)
 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022