Kenapa Footstep Dilapisi Karet, Ternyata Ada Alasannya

Footstep sepeda motor.
Sumber :
  • Tokopedia

VIVA.co.id – Footstep merupakan salah satu peranti yang penting pada sepeda motor. Footstep berfungsi sebagai pijakan kaki bagi pengendara maupun pembonceng.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Footstep yang tersemat pada sepeda motor biasanya dilapisi dengan karet. Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ferry mengatakan, hal ini bertujuan untuk menghindari selip.

"Mengapa footstep dilapisi dengan karet? Agar, kaki pengendara maupun pembonceng tidak mudah selip," kata Ferry kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 25 September 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia mengatakan, saat ini, footstep motor juga ada yang tidak dilapisi dengan karet. Namun, permukaan pada pijakannya dibuat kasar. Yang fungsinya tetap sama, menghindari selip, atau tergelincir. "Sebaiknya, kalau footstep yang sudah dilapisi dengan karet, karetnya jangan dilepas selain bisa selip juga bisa menjaga kenyamanan yang dibonceng, atau si pengendara," ujarnya.

Ferry menegaskan, seiring pemakaian karet footstep juga bisa rusak. Sehingga dengan demikian, jika peranti tersebut rusak sebaiknya pengendara bisa langsung menggantinya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Karena bahannya karet, jika terkena benda tajam, atau cairan kimia bisa rusak. Karet juga ada usia pakainya jadi bisa rusak karena usia juga," kata dia. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022