Ingin Bersihkan Busi Motor di Rumah, Ini Caranya

Gosok busi dengan sikat kawat.
Sumber :
  • Wenproduct

VIVA.co.id – Busi merupakan komponen penting bagi sepeda motor karena perannya dalam sistem pengapian. Fungsi busi ialah memantik sehingga campuran bensin dan udara terbakar. Hal itu tentu saja menghasilkan energi untuk mendorong piston.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Karena itu, busi merupakan komponen wajib untuk dibersihkan, sehingga performa motor tetap prima. Busi sebaiknya dibersihkan setelah menempuh perjalanan 4.000 kilometer.

Namun, tidak banyak orang mengetahui cara membersihkan busi dengan benar. Kesalahan yang sering kali dilakukan adalah merendam busi di dalam bensin. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid, menegaskan bila elektroda pada busi bisa mengikis apabila busi direndam ke dalam bensin. 

"Busi direndam bensin itu enggak boleh karena bisa mengikis elektrodanya," kata Muhammad kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk membersihkan busi, Muhammad mengatakan, pemilik kendaraan cukup menggunakan kuas atau sikat kawat lembut yang telah dilumuri bensin. Setelah itu, bagian busi yang hendak dibersihkan disikat dan dilap dengan kain bersih.

"Dibersihkan dengan sikat kawat yang lembut, memang dibersihkan pakai bensin, tapi bukan direndam,” tuturnya.

“Kuas atau sikat dimasukkan ke bensin baru disikat ke busi, untuk membersihkan kotorannya. Lalu, disemprot pakai tekanan angin atau dilap, setelah itu diukur celahnya, baru dipasang lagi. Jadi enggak boleh direndam di bensin," kata Muhammad. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya