Cara Cegah Karat pada Mobil Saat Musim Hujan

Karat pada bodi mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Cuaca di Indonesia saat ini masih belum stabil. Hujan dapat mengguyur secara tiba-tiba setelah panas, begitu juga sebaliknya. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh pada kendaraan yang kita gunakan, khususnya bagian bodi mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Mobil yang sering kali terguyur hujan lalu diterpa sinar matahari diakui Rudi Kepala bengkel WSW Car Body Repair and Paint Specialist di kawasan Jakarta Barat dapat menimbulkan karat. Sehingga, pemilik kendaraan  harus lebih memperhatikan mobil yang digunakan agar terhindar dari karat.

"Hujan dapat menimbulkan karat pada mobil apabila tidak segera dibilas. Karena air hujan itu mengandung unsur asam. Unsur ini bersifat korosif bagi logam terutama besi," kata Rudi kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Agar terhindar dari karat saat musim hujan, Rudi memberikan beberapa tips. Pertama, segera membilas mobil setelah terkena hujan. Dianjurkan menggunakan air bersih dan shampo mobil yang memiliki kandungan pH rendah, Jangan lupa, kolong mobil juga harus turut di bersihkan.

Kedua, menggunakan anti karat. Akan lebih baik bila pemilik mobil melapisi kendaraan dengan cairan antikarat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ketiga, hindari terpakir di tempat lembap. Apabila mobil mengalami goresan  di bagian berbahan logam, pemilik sebaiknya menghindari parkir di tempat lembap. Karena air di udara akan sangat mudah menyebabkan karat. (mus)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022