Bahaya Buka Tutup Radiator saat Mesin Mobil Panas 

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan pemilik kendaraan saat berkendara dalam jarak jauh, yaitu membuka penutup radiator saat mesin sedang panas. Sebab penutup akan terpental lalu cairan radiator akan menyembur dan melukai anggota tubuh.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Saat mesin panas, temperatur air radiator sekitar 90 derajat celsius lebih. Tekanannya sudah tinggi sehingga akan menyembur ketika tutup radiator dibuka saat mesin panas," kata Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2017.

Dia mengatakan, selain risiko melukai anggota tubuh saat penutup radiator dibuka dalam keadaan panas. Sering pula membuka penutup radiator dalam keadaan panas akan mengurangi cairan radiator. Namun demikian, menurutnya, selama reservoir cadangan masih banyak hal itu tak menjadi masalah.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Keseringan buka tutup radiator, potensi air berkurang. Lalu juga, karet pada tutup radiator menjadi cepat longgar. Hal ini juga berlaku kalau lupa menutup dan atau enggak nutup radiator sampai rapat," ujarnya menambahkan.

Untuk memeriksa jumlah air radiator, sebaiknya pemilik tak perlu membuka tutup radiator, apalagi bila mesin mobil dalam kondisi panas. Untuk memeriksanya, kata dia, cukup dilihat pada tabung cadangan air radiator atau yang biasa disebut reservoir itu.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Kecuali memang mau ngecek kualitas klep di tutup radiator. Itu sebaiknya gunakan alat radiator cap tester," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022