Servis AC Mobil, Baiknya Tiap Berapa Kilometer?

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Merawat mobil tak hanya dilakukan pada mesin. Namun sejumlah peranti juga tak boleh luput dari perhatian pemilik kendaraan roda empat, salah satunya air conditioner atau AC.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

AC menjadi salah satu peranti penting pada interior mobil, karena berfungsi menyejukkan kabin kendaraan sehingga berkendara bisa lebih nyaman. Penggunaan AC bisa awet apabila dirawat secara rutin oleh pemiliknya.

Menurut Steven Lie, kepala bengkel Auto Rotary AC Mobil, Rawamangun, Jakarta Timur, perawatan berkala AC mobil sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 10 ribu kilometer.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Kalau telat servis, biasanya pada evaporator tertumpuk kotoran, maka angin menjadi terhambat menghembuskan ke kabin mobil sehingga menjadi kurang dingin," kata Steven kepada VIVA di Jakarta, Senin, 20 November 2017.

Oleh sebab itu, kata dia, saat melakukan servis AC, sebaiknya juga dilakukan pemeriksaan terhadap evaporator. Meski terbilang cukup mahal, namun servis komponen AC lainnya juga bisa dilakukan untuk membuat kesejukan kabin mobil tetap terjaga.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Kalau evaporator enggak diservis, diservis ringan saja, yaitu seperti servis motor blower, servis kondenser, dan penggantian kabin filter selama enam bulan sekali. Dan lakukan juga servis besar membongkar turun dari mobil dua tahun sekali," ujarnya.

Adapun servis ringan AC mobil bisa memakan biaya sekitar Rp385 ribu-Rp400 ribu dengan memakai filter merek Denso. "Kalau filter pakai merek non Denso, Rp345 ribu," kata dia. (one)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022