Tips Merawat Motor Mesin Karburator, Bisa Dilakukan di Rumah

Karburator.
Sumber :

VIVA – Meski populasi sepeda motor dengan mesin karburator kini mulai tergusur dengan mesin injeksi, namun tetap mesin dengan karburator tetap mendapat tempat. Banyak yang menganggap motor dengan karburator perawatan lebih mudah karena tak banyak komponen yang berperan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Karena fungsinya yang sangat penting sebagai tempat bertemunya udara dan bahan bakar, tentu kebersihan dan ketepatan penyetelan karburator sangat diperlukan agar kinerja mesin tetap optimal. Karena itu, perawatan berkala pada karburator harus selalu dilakukan.

Sebenarnya, tak perlu repot ke bengkel untuk membersihkan karburator karena dapat dilakukan di rumah. Kepala mekanik Eka Jaya Motor, Zainal mengatakan, membersihkan sangatlah mudah. Pertama-tama pemilik kendaraan hanya perlu melepaskan filter udara karburator.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Membersihkan filter udara, gunakan cairan pembersih, lalu dikeringkan dengan membiarkan filter," katanya kepada VIVA di Daan Mogot, Jakarta Barat

Setelah itu, pemilik kendaraan harus melepaskan baut pengikat karburator, dan dibersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selanjutnya bersihkan spuyer, dengan menggunakan amplas halus secara hati-hati. Sebelum memasang kembali karburator, pelampung bensin harus terlebih dahulu diatur dengan menggunakan jangka. Setelah itu pasang kembali semua bagian karburator.

“Mudah, pemilik kendaraan bisa saja kalau mau bersihkan sendiri di rumah. Tentu sana itu dapat membuat pemilik lebih hemat biaya," ujarnya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022