Mobil Terobos Banjir, Komponen Penting Ini Wajib Dibersihkan

Mobil terendam banjir
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVA – Komponen rem menjadi yang paling berisiko kemasukan air saat pengemudi melibas jalanan yang tergenang banjir. Hal ini lantaran posisi rem yang ada di bagian bawah mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Padahal komponen ini menjadi yang utama untuk menahan laju mobil dalam kondisi apapun, baik di jalanan kering maupun yang sedang terendam banjir. Apalagi mobil-mobil keluaran baru banyak yang sudah dilengkapi teknologi anti-lock breaking system dan electronic break distribution.

Bagi pemilik mobil yang terlanjur berkendara di jalanan yang tergenang air, dikatakan General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, komponen rem baiknya dibersihkan sesudah melibas banjir.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Buat mobil dengan ABS, cukup bersihkan aja, Insya Allah kembali normal," kata Iwan saat dihubungi VIVA, Selasa 12 Desember 2017.

Cara membersihkannya, kata Iwan, paling mudah adalah dengan menyemprotkan air bersih bertekanan ke komponen rem. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang menyangkut di sela-sela kecil bagian rem bisa terbawa oleh air.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Namun, kata dia, jika mobil sempat terendam lama dalam kondisi banjir. Maka disarankan kepada pemilik untuk segera melakukan pengecekan rem di bengkel. Hal ini untuk memastikan kondisi rem tidak macet yang bisa membahayakan saat mengemudi di jalan raya.

"Untuk rem, semprot air jika ingin membersihkan. Tapi jika mobil pernah terendam lama di banjir, lebih baik cek ke bagian dalam komponennya ke bengkel. Khawatir adanya karat pada bagian daleman rem, atau yang di sekitar roda," kata dia. (mus)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022