Dinamo Starter Rusak, Diservis atau Ganti Baru?

Dinamo starter mobil.
Sumber :
  • Howacarworks

VIVA – Beberapa pemilik mobil mungkin pernah mengalami mesin susah dihidupkan. Jika kunci diputar dan terdengar suara motor berputar lemah, maka ada dua komponen yang perlu diperiksa.

Bingung Kapan Harus Ganti Oli Mobil? Ini 5 Ciri yang Harus Diketahui

Komponen pertama yaitu aki. Jika aki mulai rusak, maka daya listrik yang disimpan tidak akan cukup untuk memutar dinamo starter. 

Nah, komponen kedua yang mungkin mengalami kerusakan adalah dinamo starter. Fungsinya adalah untuk membantu mesin memulai kerjanya.

Ini Tradisi yang Wajib Dilakukan Sebelum Hidupkan Mesin Mobil

Mekanik bengkel khusus dinamo Putra Mandiri Teknik , Reza mengatakan, kalau aki sudah rusak, masih bisa diakali dengan cara di-jumper.

Tapi, kalau dinamo yang rusak, prosesnya lebih rumit. Sebab, karena butuh waktu tidak sebentar untuk memperbaikinya.

Pesaing Mobil Toyota Corolla Cross Hadir Lebih Kencang

“Biaya servis dinamo Rp100 ribu untuk jasa saja. Kalau ganti tembaga atau gulung ulang, Rp400-500 ribu dengan ketebalan tembaga yang beda-beda. Tapi, kalau bendik (anchor) atau karbon yang rusak, biaya perbaikannya Rp1 jutaan,” ujarnya kepada VIVA.

Waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan dinamo, lanjut dia untuk gulung tembaga dua hari. Sedangkan, servis saja hanya satu hari.

“Kami di sini jual dinamo copotan (bekas mobil lain). Harganya dari Rp1,5 juta, biaya pasangnya Rp200 ribu. Tiga jam juga selesai,” tuturnya.

Sebagai informasi, harga dinamo starter yang baru untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dibanderol Rp1,4 juta, Toyota Camry Rp3,5 juta, Honda Jazz Rp1,3 juta, Honda Brio Rp1,4 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya