Cara Mudah Ketahui Wiper Sudah Harus Diganti

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Cuaca buruk saat berkendara tentu dapat mengganggu jarak pandang ketika mengendarai mobil. Hal tersebut tentu saja memiliki risiko terjadinya kecelakaan, sehingga wajib diperhatikan.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Untuk mendapatkan jarak pandang yang baik dengan kondisi cuaca buruk, pengendara harus memerhatikan kaca depan yang bersih dan kondisi wiper yang prima.

Sebab, wiper merupakan komponen wajib untuk membersihkan kaca. Pemilik Orange Garage, Octa Bond menjelaskan, wiper merupakan salah satu komponen pada mobil yang tahan lama, jika dirawat dengan baik.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

"Untuk tahu indikasi kerusakan biasanya dengan bunyi-bunyi," kata Octa kepada VIVA, Sabtu, 16 Juni 2018.

Untuk gejala kerusakan wiper, Octa mengatakan pemilik kendaraan dapat memperhatikan kinerjanya.

Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?

Jika karet tidak bisa menyapu air secara maksimal maka hal itu merupakan indikasi wiper sudah harus diganti. Sedangkan motor wiper, Octa mengungkapkan bila kerusakan bisa diketahui dari bunyi yang terdengar dan gerakan wiper.

"Kalau ada problem pada motor biasa ada bunyi seirama dengan putaran wiper. Kalau didengar memang beda dengan bunyi putaran wiper. Paling gampang, saat wiper sedang di atas lalu kontak dimatikan posisinya wiper turun tapi lemas dan tidak ke posisi awal," ujarnya.

Sementara itu, untuk kerusakan pada saklar, dapat terindikasi saat wiper dinyalakan dan sedang dalam posisi atas, lalu kontak dimatikan, maka wiper akan tetap menggantung.

"Kalau saklarnya yang rusak, pas dinyalakan dan wiper di atas, kontak dimatikan, dia akan langsung diam tanpa posisi saklar off. Kalau sudah indikasi seperti ini sebaiknya langsung dicek ke bengkel," kata Octa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya