Mobil Matik Mengalami Rem Blong, Segera Lakukan Ini

Ilustrasi mobil matik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Teknologi transmisi otomatis pada mobil dirancang untuk memudahkan pengemudi, di mana mereka tidak perlu repot memindahkan gigi dan menginjak kopling.

Bengkel Mobil Matik Punya Gudang Sparepart, Korban Penculikan Oknum Ojol Lompat

Karena praktis, tidak heran jika kemudian mobil matik banyak disukai oleh masyarakat, terutama mereka yang sehari-hari harus menghadapi kemacetan.

Bahkan beberapa model mobil juga telah dibekali dengan transmisi otomatis jenis continuously variable transmission atau CVT, yang perpindahan giginya sangat halus.

Bengkel Spesialis Mobil Matik Ini Sering Jadi Rujukan, Punya Gudang Sparepart

Meski demikian, ada beberapa orang yang masih ragu dengan teknologi di mobil matik. Mulai dari tidak bisa dihidupkan dengan cara didorong saat aki soak, hingga akselerasi yang lemah.

Ada juga yang menyoroti soal sistem pengeremannya, yang disebutkan rawan blong karena terlalu sering digunakan. Lantas, benarkah informasi tersebut?

Pesaing Motor Honda BeAT Lebih Sporty, dan Waktu yang Tepat Memanaskan Mobil Matik

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Daihatsu, Rabu 28 Juli 2021, mobil matik hanya mengandalkan rem untuk mengurangi kecepatan. Meski demikian, produsen sudah memperhitungan hal itu dengan memasang komponen yang lebih kuat.

Terkait kasus rem blong, hal itu terjadi karena ada uap udara yang masuk ke dalam sistem pengereman. Ini bisa terjadi, apabila kendaraan tidak dirawat secara berkala atau digunakan di luar batas kewajaran.

Jika mengalami rem blong saat mengemudi mobil matik, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, nyalakan lampu hazard dan bunyikan klakson untuk memberi tahu pengguna jalan lain.

Lalu, pindahkan tuas transmisi dari posisi D ke posisi 3, kemudian turunkan kembali ke posisi 2. Pada beberapa model mobil, urutan 3 dan 2 digantikan oleh L.

Saat kecepatan mobil sudah melambat, arahkan ke sisi jalan yang aman dan tarik rem tangan untuk menghentikan putaran roda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya