Honda Bikin Mesin Potong Rumput, Bisa Mengebut 241 Kpj

Honda Mean Mower V2
Sumber :
  • Roadandtrack

VIVA – Perwakilan Honda di Inggris memiliki proyek luar biasa, yakni memodifikasi mesin potong rumput menjadi kendaraan balap. Kecepatannya bahkan bisa mencapai 241 kilometer per jam.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Untuk menyulap alat potong rumput itu menjadi mesin balap, Hondak UK menggandeng  tim balap BTCC, Team Dynamics. Hasilnya, mesin potong rumput nampak seperti gokar dengan kecepatan yang luar biasa.

"Mesin pemotong rumput yang asli merupakan tantangan besar bagi kami, dan hasilnya adalah sesuatu yang luar biasa,” kata Managing Director Honda UK, Dave Hodgetts, seperti dikutip dari Carscoops, Senin 9 Juli 2018.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Mesin potong rumput Honda Mean Mower V2 tersebut sudah tidak lagi standar. Jantung penggerak aslinya sudah diganti dengan milik motor CBR1000RR Fireblade SP, yang bertenaga 190 tenaga kuda dan torsi 116 Newton meter.

Honda Mean Mower V2

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Tantangan untuk memodifikasi kendaraan ini adalah berat mesin potong rumput yang hanya 69,1 kilogram. Untuk menyeimbangkan tenaga dengan bobot, dilakukan berbagai penyesuaian. Di antaranya, membuat sasis baja khusus serta mengganti rodanya dengan ukuran 10 inci, agar bisa menempel di aspal.

Untuk memaksimalkan modifikasi, mesin dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan, dipasang kopling dan ECU baru, sistem pengereman baru, setir merek Sparco, serta layar LCD sebagai informasi untuk pengemudi.

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024