Bukan Tilang, Polisi di Sini Pilih Gunduli Pengendara Ngebut

Ilustrasi botak
Sumber :

VIVA.co.id – Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi tentu sangat berbahaya. Karena hal itu pula, ada sejumlah negara yang memberikan peraturan ketat terkait dengan kecepatan sepeda motor saat melesat di jalan raya.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Salah satu negara yang memberikan peraturan unik dengan maksud memberikan efek jera bagi pelanggarnya adalah India. Di sana, rupanya biker yang ngebut dengan motornya tidak dikenakan hukuman denda tilang, namun justru memberikan hukuman yang tentu akan lebih diingat para pelanggarnya.

Seperti dilansir Motorbeam, Rabu, 13 Juni 2016, polisi lalu lintas India disebutkan lebih memilih "jalur gundul". Maksudnya, pengendara nakal yang nekat membesut motornya dengan kecepatan tinggi akan dicukur habis rambut mereka hingga gundul. Aturan hukuman ini pun tercatat baru dilakukan.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Laporan menyebutkan, setidaknya hingga kini sudah belasan orang pelaku 'ngebut' yang kepergok memacu kecepatan sepeda motornya hingga akhirnya mereka digunduli. Hukuman diterapkan setelah polisi lalu lintas India merasa perlu menerapkan hukuman ini, lantaran mereka sering kali kewalahan menghadapi para pengendara motor yang gemar ngebut di jalan raya.

Tak cuma ngebut di jalan raya, banyak pula pengendara motor yang kerap melakukan aksi freestyle atau beratraksi di atas motor di tengah jalan, tanpa mempedulikan keselamatan dirinya dan pengendara lainnya. Pemandangan itu setidaknya marak terlihat di Kota Mumbai.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Diharapkan, dengan hukuman baru ini, para pelanggar kecepatan di India akan berkurang, dan menimbulkan efek jera.

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024