Lima Nama Mobil dengan Arti Jorok, Upil hingga Alat Kelamin

Mercedes-Benz Vito.
Sumber :
  • Caranddriver

VIVA.co.id – Nama pada produk otomotif terbilang penting. Tak cuma sekadar sebuah identitas, namun juga memiliki arti kekuatan pada sebuah produk. Tak heran jika kemudian banyak perusahaan yang mengaku kesulitan untuk memberikan nama pada produk yang akan dijualnya.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Dari sekian banyak produk di pasaran, rupanya ada beberapa mobil yang memiliki nama dengan arti eksentrik. Bahkan tak sedikit publik yang meledek arti nama-nama mobil tersebut, tak cuma sekadar lucu, namun terdengar konyol dan jorok.

Dilansir CNN, Selasa 3 Januari 2016, setidaknya ada lima mobil yang memiliki nama dengan arti konyol dan jorok. Pertama datang dari Chevrolet Nova. Mobil besutan General Motors (GM) ini tentu terdengar keren dalam bahasa Inggris. Namun ketika dijual di negara-negara berbahasa Spanyol, nama yang disematkannya justru menjadi aneh, karena "no va" berarti "tidak jalan". Kini nama Nova telah diganti GM dengan nama Corsa.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Mobil kedua yakni Mercedes-Benz Vito. Mobil van yang meluncur pada 1996 itu memiliki arti yang buruk di Swedia, yakni alat kelamin perempuan. Mobil ketiga yakni Honda "Fitta". Hatchback itu sedianya akan diberi nama tersebut pada 2001. Namun, karena sadar arti jorok dari Fitta dalam bahasa Swedia dan Norwegia yang menjurus ke alat kelamin perempuan, Honda kemudian menggantinya menjadi "Fit", dan di Indonesia terkenal dengan nama Jazz.

Mobil keempat yakni Nissan Moco. Nama tersebut digunakan Nissan untuk menamai sebuah hatchback-nya di Jepang. Jika dijual di negara berbahasa Spanyol, nama ini artinya kotoran hidung atau upil. Mobil kelima, yakni Mazda LaPuta. Hatchback Mazda ini mengambil nama dari sebuah pulau fiksi dalam kisah "Gulliver's Travels" yang ditulis Jonathan Swift pada 1726.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Tetapi mobil ini rupanya memiliki arti buruk dalam bahasa Spanyol. LaPuta berarti pelacur. Akibatnya, mobil tersebut tak begitu laris di negara-negara berbahasa Spanyol.

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024