Truk Ini Jalannya Lebih Lambat dari Kura-kura

Mobil Unimog.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Guna melintas di tanjakan dengan sudut kemiringan yang cukup besar, beberapa kendaraan dibekali dengan mode khusus.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Mode khusus ini berupa perbandingan gigi transmisi, di mana ukuran gigi transmisinya dibuat sangat besar. Dengan ukuran gigi yang besar, maka torsi mesin dinaikkan berlipat-lipat jumlahnya.

Alhasil, kendaraan bisa menanjak tanpa takut kehilangan tenaga, meski tengah membawa beban yang sangat berat.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Dilansir dari Jalopnik, Rabu 16 Agustus 2017, salah satu kendaraan yang memiliki mode tersebut adalah Unimog. Truk buatan Mercedes ini dibekali dengan mode super crawler.

Namun, di mana ada sisi positif tentu ada sisi negatifnya juga. Penggunaan gigi transmisi berukuran besar membuat putarannya menjadi lebih pelan. Efeknya, kecepatan kendaraan sangatlah lambat.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Bahkan, saat mode super crawler pada Unimog diaktifkan, kecepatan truk ini hanya sekitar 0,08 kilometer per jam. Jika dikonversi, maka hasilnya adalah 2,2 sentimeter per detik.

Kecepatan itu jauh lebih lambat dari seekor kura-kura atau kukang berjari tiga, yang memiliki kecepatan kurang lebih 0,24 km per jam atau 6,6 cm per detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya