Biar Glowing, Ini 5 Tips Jaga Kelembaban Kulit saat Puasa

Ketahui Ini Cara Ampuh Mengencangkan Kulit Secara Alami
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bulan suci Ramadan telah tiba. Selama berpuasa satu bulan penuh, tubuh dan kulit bisa mengalami banyak perubahan dan ini yang perlu diperhatikan agar kulit tetap sehat tehidrasi.

Vitis Vinifera pada Buah Anggur Mampu Cerahkan Kulit, Lebih Ampuh dari Vitamin C

Di bulan ramadhan, kulit cenderung mudah dehidrasi dibanding hari biasa. Apalagi, bulan ramadan sering bertepatan dengan musim panas yang membuat kulit makin kering dan kehilangan kelembabannya. Maka itu, penting untuk memberi perawatan ekstra pada kulit selama ramadan.

Agar kulit tetap glowing, sebenarnya perawatan yang dilakukan enggak sulit, kok. Hanya saja, rutinitasnya cenderung diabaikan. Nah, berikut lima tips mudah untuk melembabkan kulit selama ramadhan dikutip dari laman Medium.

Tren Eksfoliasi Dipuja Para Selebriti, Metode Pengangkatan Sel Kulit Mati dan Menyerap Nutrisi

Penuhi kebutuhan cairan

Konsumsi air putih yang cukup sebanyak 1500 hingga 2000 ml per hari atau 8 gelas. Hindari minuman berkafein, jus dan soda saat sahur dan sesudah berbuka karena membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Jika bosan dengan air putih, bisa modifikasi dengan timun, lemon dan daun mint sebagai infused water.

Yura Yunita Pahami Pentingnya Merawat Kulit, Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Skin care

Kulit akan mudah kehilangan kelembaban seiring suhu yang ekstrem. Dermatologist dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK (K), MHA,  mengungkapkan, bahan-bahan alami seperti Glutathione yang merupakan antioksidan yang terdapat dalam tubuh untuk menghambat proses pembentukan melanin di mana hal itu menyebabkan kulit menjadi lebih gelap), menjadi pheomelanin (kulit yang lebih cerah).

Ekstrak Olive yang mengandung Hydroxytyrosol juga membantu meningkatkan glutathione dalam tubuh dan juga membantu menghambat pembentukan melanin. Vitamin E berfungsi menangkal radikal bebas dan melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut.

“Riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa zat-zat yang disebutkan di atas secara klinis telah terbukti menghasilkan perbedaan yang terlihat di kondisi kulit setelah pemakaian yang rutin," jelas Sri Annisa Shaliyasih, Brand Manager Natur-E.

Konsumsi sayur dan buah

Kebanyakan sayur dan buah mengandung 90 persen air yang bisa menjaga kelembaban tubuh. Keduanya juga memiliki manfaat serat, vitamin dan mineral sebagai antioksidan yang membuat kulit lebih glowing.

Buah dan sayur yang disarankan di bulan ramadan antara lain timun, anggur, tomat, bayam dan brokoli. Ingat, tetap penuhi kebutuhan gizi seimbangmu, ya. Asupan protein harus tercukupi juga seperti dari daging ayam, telur, dan ikan serta karbohidrat yang memadai.

Olahraga

Siapa bilang puasa ramadan artinya juga puasa berolahraga? Padahal, olahraga selama ramadan bermanfaat untuk banyak hal seperti memproduksi ulang sensitivitas insulin, kalori, serta menjaga kestabilan gula darah. Pilihan berolahraga cukup yang ringan seperti berjalan dan bersepeda 30 menit 3 kali seminggu.

Tidur cukup

Pola tidur selama ramadhan adalah kunci tubuh tetap segar. Coba biasakan bangun lebih cepat saat sahur agar makanan lebih mudah dicerna. Hindari begadang dan biasakan tidur siang beberapa menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya