VIVA.co.id

CERITA

Istimewanya Ramadanku

Setiap Ramadan saya merasa mempunyai keluarga yang lengkap.
Istimewanya Ramadanku
Ilustrasi berpuasa. (U-Report)

VIVA.co.id – Alhamdulillah saya dan keluarga masih bisa dipertemukan dengan bulan suci Ramadan tahun ini. Bulan Ramadan menjadi satu bulan yang sangat istimewa buat saya, karena selain kita dapat memperbanyak amal ibadah dengan pahala yang berlipat ganda, di bulan ini saya dan keluarga juga mempunyai beberapa rutinitas spesial. Selain itu, menjadi lebih istimewa karena hari lahir saya juga di bulan Ramadan, hehehe.

Hal yang paling luar biasa di bulan Ramadan adalah saat kami sekeluarga melakukan buka puasa bersama dengan menu-menu yang beragam setiap harinya. Bukan hanya bersama mama, tapi ayah yang biasanya super sibuk juga jadi pulang cepat setiap hari. Bahkan kakak laki-laki saya, Aji, yang selalu pulang larut malam jadi selalu ada di rumah di saat maghrib menjelang.

Makanan sehari-hari pun menjadi terasa sangat istimewa. Bukan hanya lauk pauk, tapi selalu ada makanan pembuka yang pastinya enak-enak. Di saat menjelang maghrib, mama selalu meminta saya untuk membantu menyiapkan hidangan pembuka. Setiap Ramadan, saya selalu merasa mempunyai sebuah keluarga yang lengkap. Berbeda dengan saat Ramadan, di hari-hari biasa ayah dan kakak sangat jarang berada di rumah.

Selain saat berbuka, tarawih juga menjadi hal yang sangat menyenangkan. Saya melakukan salat tarawih di masjid dekat rumah, kadang bersama mama, tapi tak jarang juga bersama teman-teman rumah. Padahal, kalau bukan Ramadan saya tidak pernah bertemu dengan teman-teman di sekitar rumah. Kami biasanya sibuk dengan rutinitas masing-masing, dan hampir bisa dibilang tidak pernah keluar rumah selain pergi ke kampus.

Saya menganggap semua ini adalah salah satu berkah Ramadan. Silaturahmi menjadi lebih terjalin, dan rezeki pun berlimpah. Karena itulah saya selalu antusias jika bulan Ramadan datang. Apalagi, di akhir Ramadan nanti ayah akan mengajak kami sekeluarga pergi mengunjungi nenek di kampung.

Sudah lama sekali saya tidak pulang kampung, karena kampung halaman keluarga saya sangat jauh dan butuh dana yang tidak sedikit jika kami sekeluarga pergi ke sana. Jadi, lebih sering nenek yang mengunjungi kami di Jakarta ini.

Semoga bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang berkesan bukan hanya untuk saya, tapi untuk kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa dan jangan lupa perbanyak amal supaya Ramadan semakin berkah. (Cerita ini dikirim oleh Ramadhani Fitri, Jakarta)

KOMENTARI ARTIKEL INI
ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
getaway

Hitung Zakat Wajib Anda!