Dirilis, Aplikasi Anti-Teror Jelang Piala Eropa

Aplikasi SAIP
Sumber :
  • www.mashable.com

VIVA.co.id – Prancis belajar banyak dari kasus serangan teror yang terjadi pada tahun lalu. Kini, pemerintah Prancis merilis aplikasi mobile yang akan mengingatkan kepada publik dalam hal muncul dugaan serangan . Dikutip dari Mashable, Kamis, 9 Juni 2016, aplikasi itu bernama SAIP.

Radja Nainggolan Dibolehkan Merokok di Piala Eropa 2016

Pemerintah Prancis gencar menyosialisasikan aplikasi tersebut jelang bergulirnya Piala Eropa 2016 di Prancis yang akan digelar pada pekan ini.

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan, aplikasi SAIP telah dikembangkan sejak serangan teror pada 13 November tahun lalu yang menewaskan 130 orang. Aplikasi ini akan mengingatkan pengguna berdasarkan posisi pengguna dalam hal muncul serangan. Aplikasi ini dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri dan lembaga negara di Prancis.

Chelsea Vs Liverpool, Deja Vu Piala Eropa 2016 Bagi Conte

Aplikasi itu memungkinkan pengguna untuk menerima peringatan sampai delapan zona geografis, sebagai tambahan posisi aktual pengguna. Peringatan dalam aplikasi itu akan menggambarkan apa yang terjadi serta saran bagaimana agar warga bisa aman.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak menimbulkan perhatian bagi pelaku teror, aplikasi ini tidak mengirimkan peringatan dalam bentuk getaran atau suara.

Inggris Masih Dihantui 'Luka' di Piala Eropa 2016

Selain untuk peringatan atas insiden teror, aplikasi ini juga dipakai untuk mengingatkan adanya bahaya nuklir, benda berbahaya dan bendungan yang rusak. Nantinya versi terbaru aplikasi juga akan memuat peringatan bahaya banjir dan longsor salju.

Pemerintah Prancis menegaskan privasi pengguna akan terlindungi, sebab tidak ada nama, nomor ponsel dan alamat protokol internet yang disimpan. Aplikasi ini telah tersedia gratis di pusat aplikasi App Store dan Google Play pada 8 Juni. (ase)

Timnas Islandia di Piala Eropa

Gemilang di Piala Eropa, Islandia 'Tak Dianggap' Game FIFA

Timnas Islandia tidak ada dalam game FIFA 17.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2016