VIVA.co.id

BERITA

Ragam Aplikasi Pendukung Ibadah Ramadan

Dari membaca dan menyimak Alquran hingga mengikuti ceramah agama.
Ragam Aplikasi Pendukung Ibadah Ramadan
Aplikasi Muslim Daily (Aplikasi Muslim Daily)

VIVA.co.id – Bulan puasa telah tiba. Bulan ini menjadi momen bagi umat Muslim untuk makin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Ada beragam cara dilakukan umat Muslim untuk mendekatkan diri, mulai dari membaca dan menyimak Alquran (tadarus) mengikuti ceramah agama Islam (tausiyah), salat malam, dan lainnya. Ritual tersebut umum dilakukan di bulan suci tersebut.

Namun kini, dengan kemajuan teknologi, cara mendekatkan diri lewat ibadah tertentu bisa dilakukan melalui aplikasi mobile yang banyak bertebaran di pusat aplikasi, misalnya di Google Play, iOS, Windows Store hingga BlackBerry World. Jika pengguna jeli dalam penjelajahan, bisa menemukan banyak aplikasi atau konten Islam.

Menyambut datangnya bulan Ramadan 2016, Google Indonesia misalnya, memberikan beberapa pilihan aplikasi yang bisa menjadi teman ibadah. Beberapa pengembang aplikasi juga merilis maupun memperbarui karya mereka untuk menyambut Ramadan 2016.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk menunjang ibadah pengguna di bulan suci:

1. Muslim Pro-Ramadan 2016

Aplikasi ini memang sudah cukup familiar bagi pengguna. Bahkan, Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi Muslim populer di dunia.

Aplikasi besutan pengembang berbasis Singapura ini berisi jadwal salat, aplikasi azan, Alquran dengan disertai terjemahan, dan audionya. Pada aplikasi ini, juga tersedia pelacak arah kiblat, kalender hijriah, peta restoran halal, dan lokasi masjid.

Muslim Pro telah diunduh hingga puluhan juta kali, sekitar 25 juta Muslim di seluruh dunia.

2. Ceramah Zainuddin MZ Lengkap

Aplikasi ini merupakan kumpulan ceramah dai Zainuddin MZ yang diklaim terbaru dan lengkap. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mendengarkan ceramah agama, ceramah lucu, ceramah singkat, dan ceramah Ramadan.

Topik yang tersedia dalam aplikasi ini tergolong lengkap, mulai dari cara mendidik anak sampai pahala dan dosa, Alquran imam kita, arak dan racun kehidupan, berbakti kepada bapak dan ibu, bila ajal tiba, cara mendidik anak, cobaan hidup, dasar dan tujuan hidup muslim, dusta, golongan penghuni surga dan lainnya.

Tercatat ada 38 topik yang tersedia, dan belum termasuk topik tentang tema khusus Ramadan dan ceramah baru. Aplikasi ini telah diunduh 50 ribu kali.

3. Lagu dan Doa Anak Muslim

Aplikasi lain dari Barokah Studio juga memperbarui yaitu aplikasi Lagu dan Doa Anak Muslim.

Aplikasi ini adalah kumpulan lagu anak Islami, lagu anak Muslim, dan doa harian anak Muslim. Lagu yang ada dalam aplikasi ini mulai dari doa-doa aktivitas sehari-hari hingga kisah para nabi.

Pada aplikasi ini terdapat 32 lagu untuk anak muslim. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 ribu kali.

4. Kajian Ramadan 2016

Aplikasi ini menyediakan MP3 berkaitan dengan ibadah di bulan suci Ramadan. Kajian terdiri dari berbagai topik. Di antaranya nasihat Ramadan sampai tanya jawab.

Pada bagian tanya jawab, pengguna bisa mendapatkan konsultasi berbagi isu. Misalnya bagaimana asal muasal halal bihalal, hukum merutinkan kultum dan lainnya. Aplikasi ini telah diunduh 1.000 kali.

5. MyQuran Al Quran Indonesia

Aplikasi ini merupakan aplikasi Alquran digital Android terjemahan bahasa Indonesia terbaik asli buatan anak bangsa.

Pembuat aplikasi ini, pengembang Wali Studio, menegaskan aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia telah bersertifikat tashih (telah diperiksa) oleh Kementerian Agama.

Wali Studio menuliskan tulisan Arab Alquran dalam aplikasi itu tidak diambil dari internet, dan sudah sesuai versi cetak di Indonesia serta sudah diperiksa.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain teks Alquran Android digital offline, tanpa internet 30 juz 114 surat secara gratis, pencarian terjemahan dalam ayat-ayat Alquran Bahasa Indonesia, kumpulan doa dalam Alquran gratis, bookmark, ayat Sajdah, mendengarkan bacaan Alquran yang fokus pada kebenaran bacaan, dan lagu Alquran (murotal) MP3 ayat Alquran, terjemahan Indonesia yang sudah di-tashih (diperiksa).

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan berbagi ke pengguna lain, melalui akun media sosial seperti Facebook maupun Twitter, tampilan landscape maupun portrait, desain enak dan fleksibel.

Aplikasi ini telah diperbarui pada 7 April 2016 dan telah diinstal hingga 5 juta kali.

6. Muslim Daily

Jika Anda bingung dengan banyaknya aplikasi untuk ibadah Ramadan, bisa mencoba aplikasi Muslim Daily.

Aplikasi ini mengakomodasi kebutuhan pengguna di bulan puasa ini. Aplikasi itu adalah Muslim Daily, karya Wali Studio, pengembang asal Cimahi, Jawa Barat.

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa dibilang lengkap, di antaranya lima jadwal salat wajib dilengkapi dengan penghitung mundur ke waktu salat terdekat, suara azan, arah penunjuk kiblat yang disesuaikan dengan lokasi pengguna secara otomatis.

Selain itu terdapat fitur Alquran dilengkapi dengan audio, hadis arbain atau kumpulan 40 hadis pilihan yang dilengkapi dengan audio, doa harian yang bisa diunduh.

Ada juga fitur penghitung tasbih saat pengguna berzikir, kalender hijriah yang disesuaikan dengan kalender masehi.

Sebagai pelengkap, aplikasi ini juga menyediakan kartu ucapan misalnya untuk ucapan selamat menunaikan ibadah puasa, selamat berbuka, selamat Idul Fitri dan sebagainya. Pengguna bisa berbagi kartu ucapan digital itu ke beberapa kontak melalui media sosial hingga email.

Aplikasi ini tersedia di semua pusat aplikasi yaitu Google Play, App Store, Windows Store, dan BlackBerry World.

Aplikasi Muslim Daily ini telah diperbarui pada 11 April 2016 dan sudah diinstal 50 ribu kali pada Google Play.

7. Tafsir Alquran

Aplikasi ini berisi tafsir Alquran yang disusun Jalaluddin Al Mahalli pada 1459 dan muridnya, Jalaluddin As Stuyuthi pada 1505.

Kitab tafsir ini umumnya dianggap sebagai kitab tafsir klasik Sunni yang banyak dijadikan rujukan, sebab dianggap mudah dipahami dan terdiri atas satu jilid saja.

Tafsir menurut bahasa adalah penjelasan atau keterangan, seperti yang bisa dipahami dari Alquran Surat Al-Furqan ayat 33. Ucapan yang telah ditafsirkan berarti ucapan yang tegas dan jelas.

Menurut istilah, pengertian tafsir adalah ilmu yang mempelajari kandungan kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berikut penjelasan maknanya serta hikmah-hikmahnya.

Sebagian ahli tafsir mengemukakan, tafsir adalah ilmu yang membahas tentang Alquran dari segi pengertiannya terhadap maksud Allah sesuai dengan kemampuan manusia.

Di pusat aplikasi Google Play, aplikasi ini telah diunduh 100 ribu kali dan merupakan salah satu aplikasi tafsir Alquran yang populer.

8. Ceramah Islam M Quraish Shihab

Aplikasi ini berisi kumpulan Ceramah Islam (tausiyah) Tafsir Al-Misbah dari karya M Quraish Shihab.

Figur Quraish Shihab memang dikenal sangat lekat dengan Tafsir Al-Misbah. Quraish Shihab menafsirkan surat-surat dalam Alquran dengan warna ke-Indonesiaan. Ini membuat nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran semakin mudah dimengerti oleh kaum Muslim Indonesia.

Pada aplikasi ini tersedia ceramah dalam bentuk audio tentang tafsir Surat Abasa, Surat Al-Fajr, Surat Ath-Thariq, Surat Al-Ala, Surat Al-Alaq, Surat Al-Annas, Surat Al-Ashr, Surat Al-Balad, Surat Al-Bayyinah, dan Surat Al-Buruj

Kemudian, Surat Al-Fil, Surat Al-Humazah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Insyiqaq, Surat Al-Kautsar, Surat Al-Maun, Surat Al-Qadr, Surat Al-Qariah, Surat An-Nashr, Surat An-Naziat, Surat Asy-Syarh, Surat At-Takwir, Surat Az-Zalzalah, dan Surat Tabbat.

Aplikasi ini membutuhkan koneksi data yang minimum, sehingga akan sangat menghemat kuota data penggunanya. Aplikasi ini merupakan karya pengembang AnDev Studio.

9. Alquran Tafsir

Aplikasi besutan Labkomif UIN Bandung ini dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam memahami kandungan Alquran.

Fitur dalam aplikasi di antaranya, Alquran 30 juz beserta tafsirnya. Tafsir dalam aplikasi ini diambil dari kitab tafsir Ibnu Katsir dan Al Jalalain.

Fitur lainnya yaitu pencarian kata kunci dan beberapa kata kunci, kemudian indeks dan pengelompokan ayat berdasarkan tema tertentu. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 10 ribu kali di pusat aplikasi Google Play.

KOMENTARI ARTIKEL INI
ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
getaway

Hitung Zakat Wajib Anda!