Tips Mudik Aman Bagi Pemotor dari Menteri Perhubungan

Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
Sumber :

VIVA.co.id – Musim mudik selalu identik dengan membeludaknya kendaraan dan timbulnya kemacetan, terutama di Pulau Jawa. Yang sudah mahfum terjadi, masih adanya tren mudik jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. 

Bagian Mobil Ini Wajib Dicek Sebelum Mudik, Apa Saja?

Diperkirakan ratusan ribu atau bahkan jutaan sepeda motor akan memadati arus mudik Lebaran 2016 ini. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan memberikan tips bagi para pemudik dan calon pemudik motor.

"Kalau mudik naik motor itu enggak boleh punya target waktu. Lebih baik targetnya asal sampai," ujar Jonan usai melepas keberangkatan angkutan motor mudik gratis di Stasiun Senen, Jakarta, Rabu 29 Juni 2016.

Kapolda Metro Jaya Pantau Jalur Mudik

Selain itu Ignasius Jonan juga menyarankan pemudik yang menggunakan sepeda motor hendaknya berangkat saat pagi. Menurutnya pada pagi hari, pengemudi biasanya masih cenderung fit dan segar.

"Yang kedua kalau naik motor itu mbok abis sahur berangkat menjelang Maghrib berhenti. Nanti berangkat lagi kalau sudah segar lagi setelah isirahat. Jangan habis buka puasa malah berangkat berhentinya sahur, ngantuk malam itu," kata Jonan lagi.

Sejauh Mana Kesiapan Sarana Mudik Lebaran 2017?

Jonan meminta agar tips yang dia sebutkan tersebut bisa menjadi perhatian para pemudik motor. Apalagi kata Menhub, tak jarang pemudik menggunakan motor yang didesain sebenarnya bukan untuk perjalanan jauh.  

"Banyak sepeda motor terutama motor kecil tidak ditujukan untuk jarak jauh. Penerangan kurang dan sejenisnya," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya