Menhub: Masalah Mudik PR Seumur Hidup

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, menilai bahwa arus balik Lebaran pada tahun 2016 berjalan cukup lancar bila dibandingkan dengan arus mudik. Meskipun diakuinya masih terdapat sejumlah catatan.

Puncak Arus Balik Kedua dari Yogya dan Solo Tanggal 23 Juli

"Kalau kendala, menurut saya, secara prinsip enggak ada. Tapi kadang-kadang kalau traffic-nya penuh sekali, ya pasti delay dan macet, pasti," kata Ignasius Jonan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 11 Juli 2016.

Jonan juga mengakui sempat mendengar bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, sempat menjelaskan soal adanya rencana perpanjangan jalan tol hingga Semarang pada tahun depan. Perpanjangan tol itu diharapkan bisa mengurangi kemacetan.  

Catatan Anggota DPR Saat Macet Mudik di Brebes

Lebih lanjut, Jonan mengatakan bahwa masih terdapat banyak pekerjaan rumah (PR) yang mesti diselesaikan untuk perbaikan, termasuk di antaranya perbaikan jalan dan pembangunan jalan Trans Jawa.

"Perbaikan terutama untuk lalu lintas jalan, pembuatan jalan-jalan baru atau tol, menurut saya ini PR besar," kata Jonan.

Motor Matik Berisik Usai Mudik, Cek Bagian Ini

Tidak hanya itu, Jonan menyebutkan masih ada PR seumur hidup dalam pelaksanaan angkutan mudik Lebaran. Pekerjaan itu yakni harus mempersiapkan fasilitas pengangkutan yang cukup, sementara jumlah yang harus diangkut baik orang dan barang terus meningkat.  

"Kalau yang lain soal kapasitas, makanya saya bilang PR seumur hidup, jalan terus sesuai dengan zaman, sesuai dengan kebutuhan. Kayak airport, terminal, stasiun, tumbuh terus karena permintaan tumbuh, ya itu harus tumbuh," kata mantan Direktur Utama PT KAI itu. (ase)

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Raden Slamet.

Pemudik Bermotor Ugal-ugalan, 8 Tewas di Sumsel

Semua yang meninggal rata-rata pengendara sepeda motor.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2017