2012, Bukan Satu-satunya 'Hari Kiamat'

VIVAnews - Kiamat kembali jadi topik pembicaraan. Seperti yang ditayangkan dalam Film '2012' kiamat dan kehancuran dunia diperkirakan akan terjadi tiga tahun lagi.

Seperti dikutip dari laman New Kerala, bukan kali ini saja manusia berusaha meramalkan datangnya kiamat. Ramalan kiamat pertama muncul di masa Romawi Kuno. Jaman itu meramalkan letusan Gunung Vesuvius pada 79 sebelum Masehi adalah petanda kiamat.

Kiamat juga dihubung-hubungkan dengan angka '666', simbol setan dalam Injil. Para penganut Kristen di Eropa pernah meramalkan kiamat akan terjadi pada 1666, namun meleset.

Dari ratusan ramalan soal datangnya kiamat, berikut 10 ramalan paling kiamat paling berpengaruh seperti dimuat laman LiveScience, untungnya tak ada satupun yang terbukti.

1. Ramalan Leeds, kiamat terjadi pada 1806

Sejarah mencatat tak terhitung banyaknya orang yang mengabarkan kebangkitan Yesus, namun tak ada yang seaneh di Leeds pada 1806. Tulisan 'Yesus telah datang' tertulis di telur ayam. Kabar ini menyebar dengan luas, orang-orang percaya kiamat sebentar lagi.

2. Millerites, kiamat terjadi pada 1843

Seorang petani New England bernama William Miller, setelah bertahun-tahun mempelajari Injil, menyimpulkan bawa Tuhan telah memilih hari kiamat, antara 21 Maret 1843 sampai 21 Maret 1844. Ribuan orang menjadi pengikutnya, mereka lalu memutuskan waktu kiamat adalah 23 April 1843.

Aurel Hermansyah dan Keluarga Terjebak di Bandara Dubai Berjam-jam, Bisa Pulang ke Indonesia?

Sebagian pengikut menjual atau bahkan membagi-bagikan harta milik mereka. Alasannya, toh sebentar lagi kiamat, mereka tak lagi  butuh barang-barang itu.

3. Ramalan Armageddon, Mormon, kiamat terjadi pada 1891

Joseph Smith, pendiri gereja Mormon mengundang rapat para pimpinan gereja pada February 1835.  Dalam rapat itu, dia mengabarkan Yesus akan turun sekitar 56 tahun lagi, setelah itu dunia menuju titik akhir.

4. Komet Halley, kiamat terjadi 1910

Pada 1881 astronom memprediksikan sebuah komet yang mengandung gas beracun, cyanogen, akan datang ke bumi. Tak ada yang mengkhawatirkan ramalan itu, sampai orang-orang menyadari bahwa sebuah komet [Komet Halley] akan melintas ke bumi pada 1910.

Apakah bumi akan diselubungi gas beracun? Spekulasi ini bahkan jadi headline di The New York Times dan beberapa koran lainnya, mengundang kepanikan di Amerika Serikat dan beberapa negara.

5. Ramalan Pat Robertson, kiamat terjadi pada 1982

Pada Mei 1980, seorang pendeta Evangelist, Pat Robertson memperingatkan kiamat akaan terjadi dalam waktu dekat. "Saya menjamin, akhir 1982 akan jadi hari terakhir dunia," kata dia saat itu.

6.Sekte  'Heaven's Gate' atau 'Pintu Surga', kiamat terjadi pada 1997

Ketika komet Hale-Bopp terlihat pada 1997, rumor yang mengatakan kapal alien datang ke bumi, menumpang komet tersebut. Fenomena itu disimpulkan oleh sekte 'Pintu Surga' sebagai akhir dunia.

Yang mencengangkan, 39 anggota sekte 'Pintu Surga' melakukan bunuh diri massal pada 26 Maret 1997. Mereka beranggapan dengan melakukan bunuh diri, mereka akan terselamatkan.

7. Nostradamus, kiamat terjadi pada Juli 1999

Selama 400 tahun, ramalan Nostradamus telah membuat penasaran. Tulisannya diinterpretasikan selama berabad-abad dengan banyak versi.

Salah satu syairnya yang terkenal adalah," Pada tahun 1999, bulan ketujuh. Akan muncul dari langit, maharaja teror."

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Banyak yang percaya, cukilan syair Nostradamus ini adalah ramalan akhir dunia.

8. Y2K, kiamat akan terjadi 1 Januari 2000

Milenium baru diramalkan akan memicu kekacauan komputer. Masalah ini mengemuka pertama kali pada 1970, yang mempertanyakan mampukah komputer membaca beda antara tahun 2000-an dan 1900-an.

Tak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi, namun kekhawatiran dipicu ketakutan adanya bencana nuklir yang terjadi akibat kekacauan dalam sistem komputerisasi. Akibatnya, penjualan senjata melonjak, sebagian orang yang panik pun memilih untuk tinggal di dalam bunker.

9. Ramalan kiamat 5 Mei 2000

Ketika ramalan Y2k tak terbukti, muncul ramalan kiamat di tahun yang sama. Seorang penulis buku, Richard Noone, pada 5 Mei 2000, es di Antartika meleleh. Bencana ini akan mengakibatkan musnahnya umat manusia.

10.Ramalan Gereja Ministri, kehancuran terjadi pada musim Gugur 2008

Pada 2006,  pimpinan gereja ministri, Ronald Weinland, mengeluarkan sejumlah buku yang menyebut ratusan orang akan mati secara massal. "Maksimal dua tahun tersisa, sebelum dunia mengalami saat terburuknya sepanjang sejarah umat manusia."

Di musim gugur 2008, Amerika Serikat akan jatuh dan tak lagi menjadi negara yang merdeka.

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Para pihak yang berperkara bakal didudukan dalam satu majelis yang sama di sidang putusan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024