Nonton Film di Luar Negeri

"Kaum Urban yang Tergantung Film Hollywood"

Ekky Imanjaya
Sumber :
  • hum.uva.nl

VIVAnews - Sejumlah penggemar film Hollywood Indonesia rela menyisihkan uang demi menonton film di luar negeri. Pengamat sekaligus pengajar film di Binus International, Ekky Imanjaya menilai, masyarakat Indonesia yang menonton film Hollywood di luar negeri jumlahnya tidak terlalu signifikan. Sebagian besar dari mereka adalah masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

"Menurut saya itu gambaran masyarakat urban yang tergantung sama film Hollywood. Itu juga hak orang untuk menonton," ungkap Ekky saat dihubungi VIVAnews, Selasa 7 Juni 2011.

Selain itu, ujar dia, tidak banyak orang yang dengan mudahnya mengeluarkan uang hanya untuk menonton film di luar negeri. Dampak terhadap industri bioskop Tanah Air pun bisa dibilang tidak ada pengaruhnya.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Tidak mempengaruhi industri bioskop Tanah Air karena jumlahnya sedikit," tuturnya.

Lulusan Master of Arts in Media and Culture, Film Studies dari University of Amsterdam tersebut juga mengungkapkan, tidak banyak yang tahu kalau salah satu dari tiga importir besar sudah diizinkan mengimpor film.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

"Mereka sudah bayar sebagian utangnya. Istilahnya mereka sudah boleh impor lagi. Akhirnya Scream 4 masuk," tuturnya.

Untuk film lokal sendiri, Ekky menilai sudah banyak yang berkualitas. Salah satunya film 'Kentut' garapan sutradara Aria Kusumadewa.

"Ya pelan-pelan [berkualitas]," ungkap Ekky. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya