Film Indonesia Dipuji Penonton Jepang

Film Indonesia di Jepang
Sumber :
  • Dok. Konsulat Jenderal RI di Osaka

VIVAnews - Indonesia patut berbangga dengan semakin banyaknya karya anak bangsa yang tampil di pentas internasional. Setelah film 'The Raid' tayang di Festival Film Internasional Toronto dan 'Modus Anomali' tayang di SXSW Film Festival, kini giliran film 'Langit Biru' dan 'Lovely Man' masuk nominasi Osaka Asian Film festival, Jepang.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews.com dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka, Osaka Asian Film Festival diselenggarakan sejak tanggal 9 hingga 18 Maret 2012. Terpilihnya dua film dari Indonesia merupakan hal yang istimewa karena setiap tahun Festival Film di Osaka hanya memilih satu film dari masing-masing negara peserta. Menurut panitia, kedua film Indonesia layak masuk kualifikasi karena kualitas dan keunikannya.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Pemutaran perdana kedua film tersebut dilakukan pada tanggal 15 Maret 2012. Film musikal anak-anak 'Langit Biru' diputar di Umeda Garden Cinema dan menghadirkan sutradara Lasja F. Susatyo. Dalam film tersebut, sang sutradara menggambarkan problema sehari-hari anak-anak di Jakarta dan cara mereka mengatasi masalah sendiri. Salah satu tema yang diusung yaitu adanya perbedaan dan sikap saling menghargai perbedaan tersebut.

“Film ini dibuat dengan gaya musikal dan tarian agar anak-anak bisa menikmati dan menangkap pesan-pesan yang ingin disampaikan dengan lebih mudah," kata Lasja. 

Para penonton yang hadir mengatakan terhibur dengan film ini dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar pembuatan film dan kondisi di Indonesia.  Sementara itu, pada waktu yang bersamaan, diputar film 'Lovely Man' di bioskop Cine Nouveau. Film yang disutradarai Teddy Soeriaatmadja ini pun menyedot cukup banyak penonton Jepang yang tertarik dengan film-film Asia berkualitas.

Film ini pada dasarnya merupakan film keluarga yang menceritakan hubungan ayah dan anak yang sudah lama tidak saling bertemu. Dalam film ini disajikan sosok sang anak yang santun, berjilbab dan lulusan pesantren di daerah yang akhirnya bertemu dengan sang ayah yang hidup keras sebagai waria di ibukota Jakarta.

Melalui cerita mengenai pertemuan kedua sosok yang sangat berbeda tersebut, digambarkan mengenai kehidupan dan hubungan ayah-anak yang sudah 15 tahun terputus. Film drama ini ternyata membuat beberapa penonton menitikkan air mata. Mereka memuji adanya film Indonesia yang berkualitas seperti 'Lovely Man.'

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Menurut salah seorang penonton, "Film Indonesia lebih mudah dipahami dalam menyampaikan pesan dibanding film Jepang yang rumit." Kedua film ini akan kembali diputar pada tanggal 17 Maret 2012.

Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024