Pidi Baiq: Iqbaal Bukan Dilan

Iqbaal Ramadhan dalam film Dilan 1990.
Sumber :
  • Falcon Pictures

VIVA – Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla masih mendapatkan kepercayaan memainkan peran Dilan dan Milea dalam sekuel film Dilan, Dialah Dilanku Tahun 1991.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

Penulis novel Dilan sekaligus penggarap filmnya, Pidi Baiq mengaku memiliki alasan tertentu kenapa dua remaja ini menjadi pemeran yang pas memainkan karakter tersebut.

Pidi menuturkan, keyakinan tersebut menguat saat bertemu langsung dengan Vanesha di Rumah The Panas Dalam (RTPD) Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu sebelum film perdana Dilan 1990 digarap.

Atalia Praratya Istri Ridwan Kamil Main Film di Ancika: Dia Yang Bersamaku 1995

"Untuk Vanesha, saya menemukannya di RTPD. Di sana ada kantin, saya melihat Vanesha sedang makan di sana. Ketika saya melihatnya, saya merasa Vanesha memenuhi syarat untuk disamakan dengan Milea," ujarnya di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 11 Mei 2018.

Pidi pun langsung menghampiri Vanesha dan mengajaknya berkenalan. Namun, pertemuan pertama itu tampaknya agak mengejutkan bagi aktris cantik tersebut.

Terungkap, Arbani Yasiz Ternyata Pernah Ikut Casting Film Dilan 1990

"Itu mudah buat saya, tapi kayaknya tidak mudah buat Sasa, dia jadi gugup. Tetapi syukurlah kemudian mengerti bahwa saya bukan om-om hidung belang. Sasa ternyata sudah baca novel Dilan, saya ajak untuk jadi pemeran, entah bagaimana Sasa setuju dan saya senang," katanya.

Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla.

Sedangkan Iqbaal, Pidi menerangkan, sosok itu terpilih menjadi pemeran dari lima kandidat yang diajukan tim pencari Dilan. 

"Memang harus saya yang menentukan siapa pemeran Dilan. Kemudian saya pilih Iqbaal, di dalam beberapa hal dia cukup memenuhi syarat untuk disamakan dengan Dilan," terangnya.

Namun, untuk memilih sosok Dilan, lanjut Pidi, terdapat beberapa pihak yang tidak setuju.

"Ada beberapa orang yang protes dengan pilihan saya itu. Saya berterima kasih kepada mereka, itu menjadi alasan untuk saya membuktikan kepada mereka bahwa saya tidak salah pilih," katanya.

"Saya hanya bilang Iqbaal bukan Dilan. Iqbaal hanya orang yang akan memerankan Dilan dan harus taat kepada siapa yang men-direct dirinya," tambahnya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya