Dua Kementerian Gelar Festival Film Pendek Bertema Maritim

Dua Kementerian Gelar Festival Film Pendek Bertema Maritim
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dalam upaya memberikan wawasan dan membangun kecintaan generasi muda pada budaya maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menggelar festival film pendek bagi para sineas muda Indonesia.

Sederet Selebriti Tanah Air Rayakan Hari Film Nasional 2023

"Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Namun sayang, tidak banyak generasi muda yang cinta laut atau kenal dengan budaya bahari," ujar Asisten Deputi Bidang Budaya, Seni, dan Olahraga Maritim, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kosmas Harefa, di Jakarta, Selasa 25 Juli 2017.

Kosmas juga mengatakan, festival yang pendaftarannya dibuka per hari ini, diharapkan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas film dokumenter hasil karya pelajar-pelajar Indonesia.

7 Film Nasional Bakal Tayang pada 2023, Ada Sewu Dino sampai Danur 4

"Ada dua tema yang dapat diangkat oleh peserta kompetisi dalam film mereka, yakni 'Potensi Kemaritiman Indonesia' dan 'Selamatkan Laut Indonesia'. Dua tema itulah yang harus dikedepankan tiap peserta," ujarnya.

Melalui dua tema tersebut, selain mengajak peserta untuk bebas berkarya dan berkreasi, panitia juga bermaksud agar hal ini bisa lebih memantapkan jiwa nasionalisme, serta menyadari akan pentingnya dunia maritim bagi Indonesia.

Jabat Ketua FFI, Ini Agenda Reza Rahadian Majukan Perfilman Tanah Air

Terkait teknis pelaksanaan, terdapat dua perbedaan dalam kriteria lomba, yang diadakan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kemdikbud tersebut. Antara lain adalah soal batasan usia peserta yang harus berada di rentang 17-30 tahun, dan peserta harus berasal dari kalangan umum.

Di sisi lain, Kemendikbud pun mensyaratkan calon peserta adalah kalangan pelajar SMP, SMA/SMK atau sederajat, dengan rentang usia antara 12-16 tahun. Kemudian, Kemdikbud juga meminta agar para peserta lomba mengirimkan proposal ide, untuk film dokumenter yang akan mereka garap tersebut.

Sementara itu, Kemenko Bidang Kemaritiman pun turut mengundang sineas muda untuk mengirimkan karya film mereka, yang sudah siap tayang dengan durasi maksimal 7 menit. Nantinya, bagi para peserta yang idenya terpilih, mereka akan diundang Kemdikbud untuk mengikuti pelatihan bersama praktisi dan akademisi film di Jakarta selama sepekan, sebelum mereka diminta untuk memproduksi film dokumenter.

Hasil produksi tersebut kemudian akan dinilai oleh tim juri yang berlatar belakang sineas senior. Petunjuk teknis tentang kompetisi film pendek ini dapat diunduh dari website Kemenko Bidang Kemaritiman dengan pranala https://maritim.go.id/konten/pengumuman-pendaftaran-festival-film-pendek-kemaritiman-2017.

Sementara itu, informasi detail mengenai kompetisi film dokumenter di Kemdikbud, dapat diakses melalui pusbangfilm.kemdikbud.go.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya