Film Keren Ini Dibuat Versi Komik Indonesia

Banda, The Dark Forgotten Trail
Sumber :
  • instagram.com/lifelikepictures

VIVA.co.id – Banda the Dark Forgotten Trail bekerjasama dengan KOSMIK untuk menuangkan kisah Banda ke dalam komik. Bara: The Dark Age of Banda akan menjadi komik sejarah fantasi karya Octo Baringbing dan Abdul Kholik. Komik ini bercerita tentang Bara, seorang bocah kecil dari Ambon yang menjadi tawanan tentara VOC.

Melepas Rindu Nonton Konser Musik Lewat Film Dokumenter

Lewat karakter Bara, komik ini akan mengungkap sejarah kelam Pulau Banda. VOC kala itu berusaha memonopoli perdagangan buah pala pulau ini. Harga buah pala saat itu lebih mahal dibanding emas.

"Saya angkat fiksi sejarah dari peristiwa Belanda menguasai Banda dengan Genosida, tapi saya menceritakan dari sudut pandang warga Banda," ujar Octo dalam jumpa pers film Banda the Dark Forgotten Trail di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Film Dokumenter Terbaik FFI 2020, You and I Siap Disaksikan

Peraih penghargaan silver di 6th International Manga Award tersebut juga mengatakan bahwa ini merupakan proyek pertamanya dengan seorang produser film. Dia berusaha agar apa yang dipresentasikan dalam komik harus jelas dan detail seperti membuat adegan dalam film. Sebagai komik sejarah, Octo pun mengaku harus sebisa mungkin menjaga fakta di dalamnya.

"Fakta sejarah yang dimasukkan dalam komik juga sebisa mungkin tidak dibelokkan, meskipun ini komik fiksi. Saya harus menemukan fokus yang membuat komik sejarah ini menarik."

Film Imam Bukhari Ada Adegan Bung Karno, Uzbekistan Minta Info ke PDIP

Seperti diketahui, film Banda the Dark Forgotten Trail sendiri merupakan film yang kembali menceritakan kisah sejarah Kepulauan Banda dan pala. Sebuah cerita yang hampir terlupakan.

Sheila Timothy sebagai produser dan Jay Subiyakti sebagai sutradara mengatakan, film ini diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat kebangsaan dan persatuan bangsa Indonesia.

Sineas Aceh

Film Dokumenter dari Aceh Terpilih Sebagai yang Terbaik di FFI 2021

Film dokumenter dari Aceh dengan judul Three Faces In The Land Of Sharia terpilih sebagai film dokumenter pendek terbaik.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021