Kisah Heroik Nyai Ahmad Dahlan Mulai Tayang di Bioskop

cuplikan film Nyai Ahmad Dahlan
Sumber :
  • dok.IRAS FILM

VIVA.co.id – Film bertemakan sejarah Nyai Ahmad Dahlan siap tayang 24 Agustus 2017. Rumah produksi Iras Film mengungkapkan tayangan mengenai seorang pejuang nasional itu sengaja diluncurkan di tengah perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Sederet Selebriti Tanah Air Rayakan Hari Film Nasional 2023

"Film Nyai Ahmad kami angkat dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada sosok pahlawan nasional kita," kata Asrul Azis Taba, Produser Eksekutif Iras Film, dalam keterangan tertulis hari ini.

Menurut Asrul saat ini belum banyak sosok pahlawan nasional Indonesia perempuan yang diangkat menjadi sebuah film biopic. Hanya beberapa saja yang sudah diangkat padahal sangat banyak dan sosok mereka bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

7 Film Nasional Bakal Tayang pada 2023, Ada Sewu Dino sampai Danur 4

"Nyai Ahmad Dahlan sebuah film yang akan menggambarkan tentang perjuangan seorang pahlawan nasional wanita yang gigih melawan penjajahan," ucap Asrul.

Film yang dibintangi David Chalik dan Tika Brivani itu sebenarnya sudah tayang perdana secara terbatas (gala premier) di XXI Epicentrum Jakarta, dan berlangsung meriah. Sejumlah tokoh pun hadir: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Harris Iskandar, Dirjend Kebudayaan Hilmar Farid, Rektor Universitas Hamka Prof Suyatno, Dewi Motik, dan beberapa keluarga besar Kyai Ahmad Dahlan.

Jabat Ketua FFI, Ini Agenda Reza Rahadian Majukan Perfilman Tanah Air

Pergerakan Muhammadiyah

Mendikbud Muhadjir mengatakan bahwa film Nyai Ahmad Dahlan menjadi pelengkap dari film sebelumnya, yang berjudul Sang Pencerah. Hanya saja pada film ini, fokus utamanya lebih dititik beratkan pada peranan dan sosok Nyai Ahmad Dahlan dalam pergerakan Muhammadiyah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Jadi lebih menonjolkan Nyai Ahmad Dahlan baik dalam pergerakan Muhammadiyah maupun perjuangan kemerdekaan,” kata Muhadjir.

Menurut Mendikbud, film ini merupakan kisah sejati seorang Nyai Ahmad Dahlan. "Film ini menjadi bukti dan mempertegas mengapa Nyai Ahmad Dahlan ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional," ujar Muhadjir.

Penulis skenario sekaligus produser film, Dyah Kalsitorini, kepada VIVA.co.id mengaku film Nyai Ahmad Dahlan ini adalah sebuah amanah. Film itu dibuatnya dengan apik dan jalan cerita yang menyentuh hati.

“Bagi kami membuat film ini adalah amanah luar biasa. Sosok beliau sangat hebat, setiap perjalanan hidup Nyai Ahmad Dahlan sangat inspiratif. Dalam durasi 98 menit Insya Allah kami berusaha gambarkan siapa beliau sosok Nyai Ahmad Dahlan sebagai istri, ibu, guru, sahabat dan pejuang," kata Dyah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya