James Wong Howe, Mantan Petinju Jadi Sutradara Legendaris

James Wong Howe
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id – James Wong Howe hari ini menjadi doodle Google, Senin, 28 Agustus 2017. Howe merupakan seorang sutradara Hollywood fenomenal yang telah 10 kali masuk nominasi Academy Awards. Dia membawa pulang piala Oscar tersebut dua kali, untuk The Rose Tattoo (1955) dan Hud (1963).

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Namun James Wong Howe rupanya tak bercita-cita sebagai seorang sutradara film. Pria berdarah China-Amerika itu pernah berkerja sebagai petinju bayaran. Dikutip dari IMDb, Senin, 28 Agustus 2017, Howe remaja pindah dari Washington ke Oregon untuk bertarung. Di sana, mencetak 5 kemenangan dan 2 kekalahan.

Saat antusiasmenya terhadap tinju memudar, James Wong Howe kemudian pindah lagi ke Los Angeles dan mendapatkan pekerjaan sebagai seorang asisten untuk fotografer iklan. Tugasnya beragam, termasuk melakukan pengiriman. Setelah dipecat, ia hidup sebagai tukang bersih-bersih di restoran.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

James Wong Howe suka menonton syuting film di Chinatown. Di sanalah, dia berkenalan dengan seorang cameramen yang mengajaknya masuk ke dalam industri film. Dia kemudian direkrut oleh sebuah studio fotografi yang menggajinya US$10 per minggu untuk membantu membawa perlengkapan.

Setelah beberapa lama, bos studio itu kemudian mengajak Howe untuk membantu yang lebih besar lagi. Dia pun diminta bersih-bersih di ruangan editing. Pekerjaan itu membuatnya akrab dengan kamera film, perlengkapan pencahayaan, dan proses pembuatannya.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

James Wong Howe akhirnya mulai menjajaki kariernya di dunia perfilman lebih tinggi. Dia dipindahkan dari ruang editing menjadi seorang slate boy di film sutradara Cecil B. DeMille. Saat sutradara film bisu itu membutuhkan lebih banyak orang di filmnya, ia pun meminta para asistennya untuk bermain.

Rupanya, James Wong Howe menarik perhatian sang sutradara dengan penampilannya yang kecil sebagai sebagai orang Asia. DeMille pun akhirnya memilih Howe sebagai asisten cameraman. Karier Howe perlahan menanjak naik. Ia belajar banyak tentang cara mengambil gambar dan bekerja memotret bintang Hollywood untuk menambah pundi-pundi uangnya.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah bintang Hollywood di masanya memuji fotografi Howe. Dia pun direkrut untuk menjadi cameraman pribadi aktris Mary Miles Minter yang kemudian menjadi berita menggemparkan, karena Howe berdarah Asia.

Karya-karya Howe yang diakui membuat namanya semakin melambung. Dia pun terus belajar mengembangkan kemampuannya dengan kamera dan sisanya adalah sejarah. Hari ini, adalah hari kelahiran James Wong Howe yang ke-118. Dia meninggal pada tahun 1976.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya