Begini Cara Dapatkan Dana untuk Bikin Film Traveling

Akatara Press Confrence
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Di balik sebuah film sukses kerap diwarnai dengan banyak drama. Tak melulu soal jalan cerita, karena saat jalan cerita menarik tak menemukan investor, sebuah film bisa jadi hanya setumpuk kertas naskah. Persoalan investor dalam terwujudnya proyek film seolah menjadi masalah klasik yang pasti ditemui para pembuat film.

Gibran Mau Kasih Panggung Buat Musisi Lokal

Kini waktunya bagi pembuat film di Indonesia untuk mendapat kesempatan terbaik mewujudkan mimpi mereka. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Akatara Indonesia Film Financing Forum 2017. Ini merupakan pitching forum dimana para pembuat film Indonesia memiliki kesempatan untuk bergabung dan menemukan investor terbaik bagi film mereka.

Dalam jumpa pers yang digelar hari ini, 18 September 2017, di Pavilliun Bekraf, Senayan City, Jakarta, Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan Bekraf mengatakan bahwa saat bicara tentang permodalan dalam industri kreatif, ada benang merah, dimana investor biasanya hanya menginvestasikan uang mereka pada sesuatu yang terstruktur, sementara industri kreatif bersifat intangible atau tak bisa disentuh dilihat strukturnya.

Sederet Selebriti Tanah Air Rayakan Hari Film Nasional 2023

"Akatara bukan hanya kesempatan pembuat film untuk bertemu dengan para investor, tapi juga menimba ilmu apa saja yang perlu mereka siapkan untuk menarik minat investor," kata Fadjar.

Akan ada 40 proyek film yang akan di-pitching di depan investor. Di mana 10 di antaranya merupakan proyek film dari sutradara ternama Indonesia yang mengangkat cerita dengan latar belakang 10 destinasi wisata prioritas yang dibiayai oleh Bekraf. Sementara dua film lainnya merupakan proyek film yang terpilih mewakili Indonesia pada Torino Film Lab.

7 Film Nasional Bakal Tayang pada 2023, Ada Sewu Dino sampai Danur 4

"10 sutradara terpilih dikirim ke destinasi wisata prioritas untuk membuat film (Borobudur, Bromo, Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Wakatobi) yang nantinya akan dipresentasikan di acara Akatara," ujar Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf.

Sebagai pilot project Bekraf, Akatara ini akan membuka peluang para pembuat film nasional untuk bertemu dengan investor tanpa harus mendatangi mereka satu persatu. Sementara bagi para investor sendiri, dengan adanya forum ini akan memudahkan mereka untuk menanamkan bisnis mereka di film yang tepat.

Jika merasa memiliki ide kreatif yang siap untuk difilmkan dan telah memiliki konsep matang, kirimkan segera sinopsis ide cerita, teaser, termasuk di dalamnya timeline produksi, bujet, business projection, portofolio ke laman indonesiafilmfinancing.id. Semua jenis cerita fiksi, baik berdurasi panjang ataupun pendek bisa mendapatkan kesempatan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya