5 Fakta Menarik Coco, Pantas Filmnya Juara Box Office

Film Coco
Sumber :
  • Disney Pixar

VIVA – Coco dari Disney Pixar telah tayang di Indonesia sejak 24 November 2017 dan menjadi salah satu film favorit segala umur.

Trailer Inside Out 2, Saat Riley Bertambah Dewasa dan Memiliki Lebih Banyak Emosi

Berdasarkan keterangan resmi Disney Indonesia kepada VIVA, film ini telah berhasil merajai puncak box office di Amerika Utara dan pasar internasional, dengan pendapatan US$280 juta atau setara dengan Rp3,78 triliun.
 
Bagi para penonton yang telah menonton film terbaru dari sutradara Lee Unkrich ini, ada beberapa kejutan dan fakta menarik yang disembunyikan Pixar dalam film Coco. Berikut sejumlah fakta tersebut.

1. Anak kembar di keluarga Rivera 

Cocok Untuk Isi Waktu Libur Sekolah, Disney Rilis Film Keluarga Elemental: Forces of Nature

Keluarga besar Miguel, yaitu keluarga Rivera memiliki keturunan anak kembar dalam beberapa generasi, di mana Miguel bertemu dengan paman kembarnya, Tio Felipe dan Tio Oscar di Land of the Dead. Mereka juga memiliki sepupu kembar, yaitu Benny dan Manny yang berusia 4 tahun.

Review Elemental: Forces of Nature, Film Terbaru Disney Pixar Angkat Isu Perbedaan Ras dan Budaya

2. Dante, anjing Xolo yang merupakan ras anjing nasional dari Meksiko

Teman setia Miguel, Dante adalah seekor anjing Xolo, yang merupakan kependekan dari Xoloitzcuintli, di mana ras anjing tersebut disebut sebagai anjing nasional dari Meksiko. Hampir tidak berbulu, anjing Xolo kebanyakan memiliki beberapa gigi yang hilang yang membuat lidah mereka terbiasa menjulur keluar. 

Para filmmaker dari Coco tidak lupa untuk mengikutkan detail-detail tersebut untuk Dante, di mana teknik animasi untuk lidahnya menggunakan teknik desain yang sama yang digunakan oleh Pixar dalam membuat pergerakan tentakel Hank, gurita berkaki tujuh yang merupakan karakter dari Finding Dory.

3. Ada sosok karakter Marlin and Nemo di Disney-Pixar Coco

Ketika adegan Miguel yang berhenti di tempat penjualan Alebrijes (atau yang dikenal sebagai penuntun arwah) di kota Santa Cecilia, penonton bisa menemukan Pepita, Alebrijes dari Mama Imelda di sisi kiri Miguel. Tahukah kalian bahwa ada juga dua ekor ikan clownfish di sisi sebelah kanan Miguel yang terinspirasi dari film Disney Pixar lainnya, yaitu Finding Dory.

Film Coco

4. Banyak desain tengkorak menarik

Mengambil lokasi di Land of the Death, para filmmaker dari Pixar banyak mengkreasikan desain tengkorak yang dipadukan sebagai unsur kreatif di film Coco. Desain tengkorak yang paling ikonik adalah desain tengkorak di pegangan gitar milik Ernesto de la Cruz. 

Namun, para penonton dapat menemukan desain tersebut di berbagai lokasi yang ada di Land of the Death, seperti gerbang dari Marigol Grand Central Station, desain jendela di Kantor Departemen Reuni Keluarga, pintu funiculars menuju mansion dari Ernesto, lampu panggung saat Miguel menyanyikan lagu Un Poco Loco dan bahkan lampu gantung di tempat DJ saat semuanya berpesta.

5. Bertemu kembali dengan Frida Kahlo, seniman self-portrait terkenal dari Meksiko di Land of the Dead
 
Miguel bertemu dengan seorang seniman legendaris dari Meksiko, Frida Kahlo dalam petualangannya di Land of the Dead. Para filmmaker menggunakan beragam referensi, termasuk dari karya asli sang seniman, untuk menciptakan karakter Frida dan mendesain kostumnya bergaya Tehuantepec, yang seringkali digunakan oleh seniman tersebut semasa hidup. Binatang peliharaan Frida Kahlo, monyet laba-laba yang seringkali muncul di dalam karyanya kembali dihadirkan sebagai seekor Alebrije kera penuntun arwah.

6. Lagu tema yang digunakan ciptaan pencipta lagu Frozen.

Jika sudah menonton film Coco, kalian pasti akan sangat familiar dengan lagu yang satu ini. Lagu Remember Me dapat didengar beberapa kali selama pemutaran film, dari versi Ernesto de la Cruz hingga versi Miguel dan Mama Coco. Lagu ini ditulis oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez, yang juga telah menulis lagu pemenang Oscar Let It Go di Frozen. (art)


Bulan Desember selalu dibanjiri film-film keren. Ini dia nih 6 film pilihan VIVA yang tak boleh dilewatkan. Tonton cuplikannya deh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya