12 Strong, Kisah Nyata Pahlawan Berkuda Amerika Serikat

12 Strong
Sumber :
  • Alcon Entertainment

VIVA – Film baru dengan genre drama, laga dan sejarah yang disutradarai oleh Nicolai Fuglsig, menjadi salah satu film baru yang wajib ditonton. Nama besar di dalamnya seperti Chris Hemsworth, ditambah produser ternama Jerry Bruckheimer saja seperti sudah menjadi jaminan film ini akan dibungkus dengan luar biasa. 

10 Film Terbaik Hollywood yang Rilis Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Jerry yang kerap terlibat dalam berbagai judul film menarik, seperti Pearl Harbor, Armageddon, Top Gun, kali ini bergabung dalam film 12 Strong. Film yang dibuat berdasar buku karya Doug Stanton berjudul Horse Soldiers: The Extraordinary Story of a Band of U.S. Soldiers Who Rod to Victory in Afghanistan.

Menceritakan kisah pasukan khusus baret hijau Amerika Serikat, Operational Detachment Alpha 595 (ODA 595) yang dikirim ke Afghanistan usai serangan 11 September di World Trade Center. Pasukan yang dipimpin oleh Kapten Mitch Nelson, diperankan oleh Chris Hemsworth dikirim ke Afghanistan untuk melakukan serangan lewat misi yang diberi nama Task Force Dagger.

Gak Balik Modal, The Flash Cuma Raup Rp800 Milyar di Box Office Global

Dalam melaksanakan tugas tersebut, 12 orang tentara Amerika Serikat bergabung dengan tentara dari Jenderal Abudl Rashid Dostum, dari Aliansi Utara unutk melawan tentara Taliban dan pengikut Al Qaeda. Di sini Jenderal Dostum menunjukkan di mana lokasi para musuh berada. Sementara Nelson yang mendapatkan informasi lokasi tersebut memberitahu pasukan yang ada di udara untuk menjatuhkan serangkaian bom dari atas.

Mustahil dilakukan

Intip Serunya Pertarungan Iko Uwais Lawan Jason Statham dalam Trailer EXPEND4BLES

Operasi yang bisa dibilang sangat mustahil untuk dilakukan tersebut diyakini oleh Kapten Mitch bahwa dirinya beserta seluruh tim akan kembali dengan utuh dan selamat. Meski dalam rencana penyerangan itu, Kapten dan pasukannya tidak tahu sama sekali tentang Afghanistan, dan bahkan tidak mengetahui cara menaiki kuda, yang merupakan satu-satunya cara untuk melewati jalan yang berpasir dan berbatu untuk menuju wilayah Mazhar i Sharif, yang menjadi markas Taliban. 

Keyakinannya dan keinginan untuk membawa pulang seluruh timnya dengan selamat yang akhirnya menjadi dilema sendiri bagi Kapten Mitch. Sempat tak percaya pada jenderal Dostum hingga Kapten Mitch mendapat pelajaran berharga yang dikatakan oleh jenderal Dostum,"Jangan menjadi tentara, jadilah pejuang," pesan dari Jenderal Dostum yang akhirnya membuat Kapten Mitch lebih berani menyerang Taliban. 

Tak banyak cerita drama dalam film berdurasi 129 menit ini, hampir keseluruhan menit film digunakan untuk menceritakan perjalanan pasukan ODA 595 menyerang dan merangsek masuk hingga markas terdalam Taliban.

Bagi penyuka film yang menceritakan tentang peperangan, film ini sama sekali tidak membosankan karena menyajikan adegan yang tak membuat mata berkedip sedetikpun karena sayang untuk melewatkan setiap adegan. 

Hal itu berkat kemahiran sang sutradara, Nicolai Fuglsig, yang merupakan mantan jurnalis foto, sehingga setiap pengambilan gambar dalam film ini terlihat begitu sempurna, dan nyata. Karena memang film ini diangkat dari kisah nyata pasukan ODA 595 yang mencatat kesuksesan besar dan menjadi kegagalan terbesar Al Qaeda. 

Di bagian akhir film diceritakan tentang tim ODA 595 yang bahkan meski meraih kemenangan besar tidak ada peliputan media sama sekali lantaran tugas khusus yang mereka jalankan. Dan hingga saat ini hubungan Mitch dengan Jenderal Dostum yang telah menjadi wakil presiden Afghanistan masih berjalan baik.

Sementara itu, untuk  mengenang keberhasilan Mitch dan pasukan ODA 595 yang berhasil mengalahkan Taliban bahkan hanya dengan menggunakan kuda, dibanding mereka yang menggunakan tank sebagai kendaraan, pemerintah Amerika Serikat membangun patung seorang pasukan yang sedang menaiki kuda di depan World Trade Centre. 

Selain Chris Hemsworth, film ini juga dibintangi Michael Shannon, Michael Pena, Navid Negahban, Trevante Rhodes, Geoff Stults, Thad Luckinbill, William Fichtner. Film dari Warner Bros Pictures ini dirilis tanggal 19 Januari 2018 di Amerika Serikat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya