Alasan Saksi Ahli Rekomendasikan Dhawiya Direhabilitasi

Sidang lanjutan Dhawiya.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Seorang saksi ahli dari pihak Jaksa Penuntut Umum yang dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus narkoba Dhawiya Zaida, yakni dr. Nadia meminta agar Dhawiya bisa segera direhabilitasi akibat pemakaian narkoba jenis sabu.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

"Jelas saya harus bilang harus direhab. Banyak tempat buat direhab karena terdakwa itu adalah penyalahguna narkotika," ujar Nadya dalam sidang lanjutan kasus narkoba yang menjerat Dhawiya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa 17 Juli 2018.

Saat pihak majelis hakim menanyakan apakah Dhawiya sudah masuk ke dalam fase kecanduan terkait penggunaan sabu tersebut, Nadya membantah hal itu. Menurutnya, narkoba jenis sabu bukanlah narkoba yang menyebabkan adiksi dan kecanduan fisik yang fatal bagi penggunanya, sehingga efeknya pun berbeda dengan narkoba jenis putau.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

"Enggak ada (ketergantungan). Kalau dari fisik enggak ada, biasa saja kalau sabu. Kalau morfin atau istilah jalanannya putau bisa ya (kecanduan), tapi kalau sabu enggak sih," kata Nadya.

Baca juga:

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

Saksi Ahli Beberkan Kadar Pemakaian Narkoba Dhawiya

Mengenai rekomendasi pihaknya yang menyarankan agar Dhawiya bisa direhabilitasi, Nadya menguatkan alasannya dalam memberikan rekomendasi tersebut. Dia menilai bahwa Dhawiya yang hanya terbukti sebagai pengguna narkotika jenis sabu, bukan sebagai bandar narkoba, memang seharusnya mendapat penanganan rehabilitasi agar bisa sehat dan lepas dari jeratan barang haram tersebut.

"Kalau setiap pecandu narkotika, pengguna narkotika, penyalahguna, ya memang harus direhab. Hasil dari tim kami jika tidak ada jaringan (peredaran), ya rehab. Di rehab di Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya