Casting Anak Yatim dengan Uang, Angelina Jolie Tuai Kritik

Angelina Jolie dan kedua putrinya, Zahara dan Shiloh.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Usai drama perpisahan dengan Brad Pitt, aktris kawakan Angelina Jolie kembali menjadi perhatian publik. Kabarnya, dalam proses casting untuk serial Netflix, 'First They Killed My Father: A Daughter of Cambodia Remembers', Jolie dianggap melakukan pemilihan pemain film tersebut dengan cara yang tidak etis.

10 Wanita Paling Dikagumi di Dunia, Ada yang Mengabdikan Hidupnya untuk Orang Tidak Mampu

Dilansir dari Aceshowbiz, cara Jolie dan timnya melakukan casting kepada para anak yatim untuk serial tersebut, yakni dengan cara menaruh uang di atas meja dan meminta sang anak untuk memikirkan kebutuhannya akan uang tersebut, dinilai sejumlah pihak sebagai sesuatu yang salah.

Setelah para anak yatim itu berpikir, mereka lalu diminta untuk mengambil uang tersebut dan berlari, untuk kemudian dikejar dan ditangkap, dimana mereka harus berakting dengan berpura-pura mengaku tidak mengambil uang tersebut.

Trik Diet dan Olahraga ala Angelina Jolie, Sukses Miliki Tubuh Ideal Dambaan Semua Wanita

“Srey Moch (gadis kecil yang akhirnya terpilih) adalah satu-satunya anak yang menatap uang tersebut dengan durasi yang sangat lama. Ketika ia diminta untuk mengembalikan uang tersebut, dia berubah menjadi senang dengan penuh emosi. Semua hal yang berbeda ini mengalir begitu saja,” kata Jolie tentang proses casting tersebut, sebagaimana dilansir dari Aceshowbiz.

Srey sang anak mengatakan, hal yang dipikirkannya saat menatap uang tersebut adalah menggunakannya untuk memberikan pemakaman yang layak bagi mendiang kakeknya. Namun, cara Jolie dan tim castingnya untuk membuat sebuah permainan realis di dalam diri anak-anak yatim tersebut, mendapat kritikan yang sangat keras dari sejumlah pihak.

Pax Sindir Brad Pitt: Manusia yang Mengerikan

“Angelina Jolie gila. Permainan psikologis kejam macam apa yang harus dimainkan oleh anak-anak miskin tersebut,” kata akun @MrFilmkritik melalui laman twitternya.

“Angelina Jolie melakukan casting untuk film terbarunya dengan mengajarkan anak-anak miskin dengan uang tunai. Angelina Jolie berkolaborasi dengan tentara Kamboja yang kasar dan sering melanggar hukum untuk film terbarunya,” tulis akun @JessicaKRoy menambahkan.

Banyaknya kritik kepada Jolie dan tim terfokus pada hal-hal berbau kekahwatiran, tentang kemungkinan trauma yang akan dialami anak-anak tersebut setelah diperlakukan seperti itu. Walaupun, ada juga masyarakat yang menilai jika metode casting yang dilakukan Jolie terbilang unik dan pintar, untuk melihat reaksi murni seorang anak miskin ketika melihat uang.

Diketahui, serial 'First They Killed My Father' ini diangkat dari memoir genosida seorang warga Kamboja aktivis hak asasi manusia bernama Loung Ung, yang tak lain adalah teman Jolie sendiri.

Serial ini akan bercerita tentang pembantaian besar-besaran yang dilakukan oleh partai Komunis Khmer Rouge dari tahun 1975-1979, yang telah menewaskan lebih dari dua juta orang dari total tujuh juta populasi, termasuk kedua orangtua Ung dan dua saudara perempuannya. Disutradarai langsung oleh Angelina Jolie, film 'First They Killed My Father' ini bisa ditonton di layanan Netflix.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya