Penderitaan Putri Diana Hadapi Bulimia dan Sakit Mental

Putri Diana dan Pangeran Harry
Sumber :
  • REUTERS/Greg Bos/File Photo

VIVA.co.id – Pangeran William dan Pangeran Harry masih terus membeberkan kesehatan mental sang ibu, mendiang Lady Diana. Melalui film dokumenter mengenai Diana, Will menjelaskan bahwa sang ibunda berjuang menghadapi rendahnya kepercayaan diri dan gangguan makan.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Dilansir dari laman Glamour, Jumat, 25 Agustus 2017, dalam film dokumenter terbaru stasiun televisi Inggris, Channel Four, berjudul Wasting Away: The Truth About Anorexia, William membuka diskusi mengenai gangguan makan dan isu kesehatan mental lain bersama seorang anak yang memiliki ibu dengan gangguan makan, Austin.

"Kita tidak perlu tabu lagi membicarakan mengenai kesehatan mental. Faktanya, caramu membicarakan kesehatan mental ibumu mengenai gangguan makannya, adalah sikap sangat berani," ujar Will kepada Austin.

Kate Middleton Idap Kanker, Begini Kata Pangeran Harry dan Meghan Markle

"Kondisi ini adalah sebuah penyakit. Kesehatan mental harus dianggap serius sama halnya dengan kesehatan fisik," kata Will.

Senada dengan itu, dalam wawancara pada 1995, Diana berujar bahwa pernikahan sekaligus perceraian dari Pangeran Charles sangat memengaruhi kepercayaan dirinya. Bahkan, itu berdampak juga pada kesehatan mentalnya.

Ungkap Idap Kanker, Kate Middleton: Suami dan Anak-Anak Adalah Sumber Kekuatan Saya

"Saya tidak menyukai diriku sendiri. Saya merasa malu karena tidak bisa menahan banyak tekanan," ujar Lady Di.

Mendiang Diana mengungkapkan, ia memiliki bulimia selama bertahun-tahun, dan dirahasiakan dari semua orang. Ia mengaku sudah mencoba mencari pertolongan, namun melalui cara yang salah.

"Saya menangis untuk mencari pertolongan, tapi malah memberi sinyal yang salah, dan orang memakai penyakit bulimiaku dengan memberi label bahwa Diana sedang tidak stabil," kata Diana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya