Di Dakwaan, Novanto Minta Ganjar Tak Galak di Proyek E-KTP

Setya Novanto di sidang perdana E-KTP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto, ternyata gerah dengan tindakan Ganjar Pranowo saat Gubernur Jawa Tengah itu masih menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR. Itu karena Ganjar kerap mengkritisi usulan proyek yang belakangan diketahui menjadi bancakan sejumlah pihak di Kemendagri dan DPR.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Hal itu tertuang dalam dakwaan Setya Novanto yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum KPK, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Rabu 13 Desember 2017.

Dalam pembacaan dakwaan, selama proses pembahasan penganggaran proyek KTP Elektronik, Ganjar Pranowo selaku Wakil Ketua Komisi II DPR RI banyak mengkritisi mengenai usulan atau konsep yang diajukan oleh pemerintah.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Maka sekira akhir 2010 sampai awal 2011 bertempat di lounge Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, terdakwa menyampaikan kepada Ganjar Pranowo agar jangan galak-galak untuk urusan KTP Elektronik dengan mengatakan, 'Gimana Mas Ganjar. Soal e-KTP itu sudah beres. Jangan galak-galak ya’,” kata Jaksa Burhanudin membacakan dakwaan.

"Atas penyampaian terdakwa tersebut, Ganjar Pranowo menanggapinya dengan mengatakan, 'Oh gitu ya… Saya ga ada urusan’,” lanjut Jaksa Burhanudin.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Saat bersaksi di persidangan 30 Maret 2017, Ganjar sempat ditanya hakim soal kegalakannya dalam rapat-rapat pembahasan proyek e-KTP di Komisi II DPR. Menurut Ganjar, saat itu dia hanya menjalankan fungsi pengawasan sebagai anggota DPR.

Salah satunya adalah mengenai item-item proyek e-KTP yang dia ragukan saat uji petik. "Kalau saya temukan ada yang tidak benar, ya saya sampaikan saja,” kata Ganjar pada waktu itu. (ase)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024