Pertunjukan Musikal Broadway Dreamgirls Hadir di Indonesia

Dreamgirls
Sumber :
  • instagram.com/jakartapac

VIVA – Jakarta Performing Arts Community atau JPAC akan menggelar pertunjukan teater musikal Dreamgirls selama tiga hari di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

Golkar Medan Tetap Dorong Bobby Nasution Maju Pilwakot 2024

Aktivis feminis Tunggal Prawesti yang didapuk sebagai salah satu pembicara menjelaskan, kisah yang diadaptasi dari kejadian nyata di industri hiburan Amerika Serikat era 1960an ini merupakan bukti kuatnya perjuangan para perempuan kulit hitam dalam menghadapi berbagai diskriminasi pada saat itu.

"Kalau di Amerika saja saat ini masih kencang isu diskriminasi rasial terutama pada perempuan, maka kita bisa bayangkan gimana perjuangan Dreamgirls pada saat kisah itu terjadi," kata Tunggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 25 April 2018.

Identifikasi Korban Kecelakaan KM 58 Tol Japek Rampung, Jasa Raharja serahkan Santunan

Dia menuturkan, maraknya kasus pelecehan seksual di industri hiburan Amerika yang terjadi beberapa waktu lalu, memiliki relevansi yang kuat dengan alur cerita dalam kisah Dreamgirls ini. Sebab, meskipun berbagai diskriminasi keras menerjang mereka, para wanita tegar di Dreamgirls mampu melawan dan membuktikan talentanya di industri hiburan Amerika dengan menjadi diri sendiri.

"Dengan banyaknya isu terkait masalah ini, banyaknya kompetisi dan isu kekerasan seksual di dunia hiburan, serta banyaknya kekerasan terhadap perempuan, sebenarnya semua hal itu saat ini juga masih terjadi walaupun sebagian memang sudah lebih baik," kata Tunggal.

Reaksi Mengejutkan Ivar Jenner Usai Dikartu Merah, Bongkar Kecurangan Pemain Qatar

Di tengah kesulitan mereka menembus industri hiburan Amerika yang didominasi oleh pria dan superioritas kulit putih, menurutnya, Dreamgirls tidak tunduk pada apa yang menjadi keinginan pasar.

Dreamgirls merupakan cerita termasyhur di era pertunjukan Broadway Amerika Serikat pada era 1970an dan 1980an. Cerita yang diadaptasi dari kisah nyata di era 1960an ini juga pernah difilmkan pada 2006 dan dibintangi oleh Beyonce Knowles, Jennifer Hudson, serta Anika Noni Rose sebagai personel Dreamettes.

Pertunjukan musikal Dreamgirls ini akan digelar tiga hari berturut-turut di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pada 25-27 Mei 2018. Tiket pertunjukan tersebut bisa didapatkan melalui website www.jakartapac.com, dengan enam kategori tiket dari harga Rp100 ribu hingga Rp550 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya