Chicha Koeswoyo Ungkap Manfaat Positif Dengar Lagu Anak

Chica Koeswoyo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Mantan penyanyi cilik Chicha Koeswoyo menilai pentingnya lagu anak-anak bisa dilihat dari bagaimana liriknya menyampaikan pesan kepada mereka, untuk melakukan hal-hal baik yang mungkin agak sulit disampaikan secara lisan oleh para orangtua.

Harvey Moeis Dinyatakan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi, Sandra Dewi: Gue Takut Ditegur Tuhan

Pesan dalam lirik-lirik lagu anak-anak, seperti ajakan untuk mandi, menggosok gigi, atau ajakan makan sayur, menurutnya merupakan medium yang sangat efektif untuk menstimulus anak-anak, agar mereka bisa dengan senang hati melakukannya.

"Kalau ajakan kepada anak-anak soal mandi, makan sayur, dan sebagainya itu, kalau dituturkan akan lama. Nah, melalui lagu, hal itu memudahkan proses tersebut. Karena sebetulnya hal-hal yang kita didik ke anak-anak itu seakan hidup dalam alunan musik," kata Chicha Koeswoyo saat ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis 27 Juli 2017 malam.

Marion Jola Ngaku Pernah Selingkuh Sekali, Sisanya Diselingkuhin

Selain itu, putri sulung dari Nomo Koeswoyo tersebut juga meyakini, jika lirik positif yang kerap didendangkan dalam lagu anak-anak dapat membantu mereka dalam upaya membentuk karakter yang baik.

"Karena faktanya, lagu-lagu anak itu juga bisa membentuk karakter anak lho. Karena liriknya bisa diingat di memorinya," ujar Chicha.

Karina Aespa dan Lee Jae Wook Dikabarkan Berkencan, Jatuh Cinta Pandangan Pertama di Milan?

Meski demikian, Ia mengakui jika seiring dengan perubahan zaman, pembuatan lagu-lagu anak tentunya juga membutuhkan formulasi yang tepat sehingga bisa terdengar lebih inovatif di era saat ini.

Sebab, usia perkembangan anak dan segala tantangannya di era saat ini, pastinya jauh berbeda dengan formulasi pembentukan lagu-lagu serupa yang dilakukan para penciptanya beberapa dekade silam.

"Ada gap masa di mana sekarang, kalau kita bicara lagu-lagu anak yang klasik seperti 'Balonku' dan sebagainya, kalau lagu itu diperkenalkan ke anak-anak hari ini itu sudah enggak 'in' lagi, enggak nyambung. Karena di setiap usia perkembangannya, mereka itu kan perlu dipaparkan dan distimulasi melalui materi yang cocok dengan kebutuhan di umur dan zaman itu," tutur Chica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya