Thiebault, Kemerdekaan, dan Jejak Musik Jazz Surabaya

Samy Thiebault saat konferensi pers Jazz Traffic Festival di Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Jazz Traffic Festival akan digelar di Grand City Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat dan Sabtu, 18-19 Agustus 2017. Musisi jazz Prancis, Samy Thiebault Quartet, dan musisi jazz nasional dihadirkan di acara ini.

BNI Gelar Konser Musik Spektakuler di Acara MotoGP Mandalika

Penonton bakal diajak larut dalam ruang kemerdekaan dan kenangan tentang jazz masa lampau Kota Pahlawan. Ajang ini diadakan tiap tahun di Surabaya dalam acara khusus di sebuah radio lokal.

"Tidak terasa, festival ini berjalan tahun ketujuh. Pada akhirnya kini jadi ikon Surabaya," kata penggagas acara, Errol Jonathans, di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Tampil Beda, JogjaROCKarta 2022 100 Persen Tampilkan Band Indonesia

Tema besar Jazz Traffic Festival kali ini ialah 'Souls of Freedom'. Tema tersebut dipilih karena kebetulan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kedua, musik jazz ternyata identik dengan kebebasan dan kemerdekaan berekspresi melalui nada-nada. Ada momentum yang mempertemukan jiwa-jiwa yang bebas," ujar Errol.

Konser Ditunda, Kondisi Terkini Justin Bieber Positif COVID

Bila ditelusuri, kata Errol, dari sisi sejarah musik jazz masuk ke Indonesia melalui Surabaya. Yakni dari kedatangan warga Belanda pada awal abad ke-19 melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Dia berharap, festival ini semakin menguatkan kesan jazz sebagai ikon Surabaya.

Sekira 300 musisi akan bermain di Jazz Traffic Festival nanti. Dari dalam negeri, akan tampil di antaranya Indra Lesmana, Dwiki Darmawan, J.O.C, MLD Project, dan lainnya. Musisi genre lain juga diundang untuk memeriahkan, seperti Sheila on 7, Andji, dan duet Deddy Dhukun-Dian Pramana Putra.

Sementara dari luar negeri, diundang kelompok musik Thiebault Quartet, yang digawangi oleh Samy (saksofon), Adrien Chicot (piano), Sylvain Romano (kontra bass), dan Philippe Soirat (drum).

"Festival ini pas karena bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia. Karena jazz juga mengandung hal-hal kebebasan, makanya saya senang ikut berkontribusi di acara nanti," ujar Samy.

"Saya senang bertemu musisi-musisi di Indonesia dan ingin tampil bersama," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya