Ebiet G Ade Soal Musik Kekinian: Kaya dan Dinamis

Ebiet G Ade
Sumber :
  • ANTARA/ Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Industri musik di Tanah Air berevolusi. Cara menikmatinya juga sudah berkembang, seiring banyaknya platform media yang tersedia di era saat ini. Bagaimana tanggapan seorang musisi legenda seperti Ebiet G Ade terkait tren musik tersebut?

Penyanyi Ebiet G. Ade Terima Penghargaan dari Unnes Semarang

"Saya kira, sama saja bahwa setiap zaman punya generasi. Jadi, saat ini memang rasanya generasi yang muncul sangat kaya, dinamis, dan tidak ada yang salah. Artinya, semua diapresiasi oleh masyarakat dan diletakkan pada proporsinya oleh masyarakat. Jadi, baik-baik saja saya rasa," ujar Ebiet kepada VIVA.co.id, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin malam, 21 Agustus 2017.

Pelantun hit Berita Kepada Kawan itu menilai, setiap zaman sudah tentu membawa semangat generasinya masing-masing. Dia yakin, ke depannya akan sangat banyak potensi-potensi yang mungkin bisa jadi lebih baik, yang bisa tercipta dari kreasi anak-anak bangsa.

Album Ebiet G Ade “Seraut Wajah” Dirilis dalam Bentuk Piringan Hitam

Ketika ditanya apakah ada musisi, atau penyanyi era kini yang menjadi fokus perhatiannya, pakar tembang-tembang balada berusia 63 tahun itu pun terlihat merendah hati. Ia bersikap seolah bukan sebagai sang maestro di ranah musik Tanah Air, yang bisa menilai kualitas para musisi di era kini.

"Saya bukan pengamat, bukan penikmat musik juga. Jadi, rasanya saya tidak punya kepekaan untuk menilai musik A, B, C. Kurang peka saya," kata Ebiet.

Bimbo Raih Penghargaan Legenda Musik Indonesia AMI Award 2019

Namun, meski perkembangan dunia musik nasional hari ini sudah sangat beragam, ayah dari empat anak itu tetap akan konsisten bermain di jalurnya. Sebab, Ebiet mengaku hanya itulah yang masih sanggup dipertahankannya hingga kini, demi tetap eksis bertahan di dunia musik Tanah Air yang semakin beragam.

"Konsisten insya Allah. Karena, memang ya itu yang saya bisa dan saya miliki. Jadi, saya tidak seharusnya menggapai-gapai yang bukan milik saya, atau memaksakan diri untuk meraih sesuatu yang tidak bisa saya raih. Jadi, saya konsisten saja terhadap apa yang sudah saya buat," ujarnya. (asp)

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Tutup Debat Cawapres, Mahfud Nyanyi Lagu Ebiet G. Ade

Lagu ini memiliki pesan mendalam terkait dengan perubahan yang terjadi di alam.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2024