Efek Rumah Kaca Bikin Kolaborasi Unik

Grup band Efek Rumah Kaca.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Grup musik Efek Rumah Kaca (ERK) tampil berbeda di hajatan musik tahunan Soundrenaline 2017. Mereka menggandeng kelompok orkestra bernama Cognatio Orkest.

Kejar Target Tekan Emisi Gas Rumah Kaca Perlu Komitmen Seluruh Sektor

Kolaborasi keduanya dimulai, saat ERK tampil di Semarang dan mendapat tawaran. Terkesima dengan duet tersebut, ERK lantas membawa Cognatio Orkest pada penampilan selanjutnya.

"Setelah konser itu, gantian kami yang tawarkan ke mereka untuk tampil di Soundrenaline 2017. Kebetulan cocok dengan tema acara, dan kami memang mau tampil beda," ujar gitaris merangkap vokalis ERK, Cholil Mahmud, di Garuda Wisnu Kencana, Denpasar, Bali, Sabtu 9 September 2017.

Gagalkan Mega Proyek PLTA, Kallang Diganjar Penghargaan Lingkungan

Cognatio Orkest berisi tujuh pemegang alat instrumen dan satu konduktor. Sehari-hari berkecimpung di aliran pop dan jazz, kini mereka mengeksplorasi musik lebih dalam lewat duet bersama ERK.

"Karena, di Semarang orkes yang formatnya bergenre pop alternatif baru kami. Setelah kolaborasi, baru kami mengenal jauh ERK," ujar personel Cognatio Orkest, Deon Abhiyoga.

BEKRAF Akan Temui ERK Terkait Kejanggalan Harga Tiket

Penampilan ERK bersama Cognatio Orkest menawarkan perpaduan musik ciamik antara format band dan orkestra. Ada tantangan tersendiri dalam menyelaraskan dua komponen yang berbeda itu.

"Tantangannya angin, akustik ketemu angin lumayan sulit menaklukkan itu. Panggung outdoor lebih ingar-bingar, mereka perlu fokus konsentrasi," tutur Cholil.

Efek Rumah Kaca menjadi salah satu penampil dalam Soundrenaline 2017. Ada kurang lebih 70 musisi lain yang siap menghentak empat panggung berbeda di GWK hingga 10 September 2017 mendatang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya