Sepak Terjang Rocker Legendaris Tom Petty Semasa Hidup

Tom Petty and the Heartbreakers
Sumber :
  • REUTERS/Fred Prouser

VIVA.co.id – Musisi Tom Petty meninggal dunia akibat serangan jantung pada usia 66 tahun, Senin sore, 2 Oktober 2017 waktu Amerika setempat. Kepergiannya menyisakan luka mendalam bagi keluarga, sahabat, serta penggemarnya di seluruh mancanegara.

Boys Like Girls Resmi Umumkan Konser di Indonesia, Catat Tanggalnya!

Semasa hidup, Petty serta grup musik pengiringnya, the Heartbreakers, telah menelurkan segudang karya. Lewat kiprahnya, ia ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$75 juta.

Ada banyak hal menarik yang dapat diulas dalam diri Petty selama ia berkarier sebagai musisi. Berikut fakta yang terangkum, dikutip dari sliptalk.com, Selasa, 3 Oktober 2017.

Band Rock Korea, Xdinary Heroes Gelar Konser Perdana di Jakarta

1. Pertarungan harga album

Tahun 1981, Petty pernah bersitegang dengan labelnya, MCA Records karena merilis album Hard Promises dengan harga yang terlalu mahal, yakni US$9,98. Setelah negosiasi dan mengancam akan mengganti judul album menjadi Eight Ninety Eight, pihak label menurunkan harganya menjadi US$8,98 dan disambut suka cita oleh para fans Petty.

Konser U2 di Sphere Las Vegas, Disuguhi Layar Raksasa yang Canggih

2. Dave Grohl hampir menjadi anggota the Heartbreakers

Tahun 1994, saat posisi drum dalam the Heartbreakers tengah kosong, Dave Grohl sempat mengisinya untuk beberapa waktu karena pada saat itu, Nirvana bubar selepas kematian Kurt Cobain. Petty menawarkan posisi tetap, namun ditolak Grohl dan lebih memilih untuk membuat grup musik yang kini dikenal dengan nama Foo Fighters.

3. Perjuangan lama meraih puncak Billboard

Butuh waktu hampir 40 tahun untuk Tom Petty and the Heartbreakers meraih puncak tangga album Billboards. Pada tahun 2014, Hypnotic Eye berhasil membawa Petty dan grup musik pengiringnya berada di tangga lagu nomor satu tersebut.

4. Video klip bertabur bintang

Tom Petty and the Heartbreakers identik membawa bintang film terkenal untuk masuk dalam penggarapan video musiknya. Ada Johnny Depp yang pernah tampil dalam Into the Great Wide Open dan Kim Basinger di video musik Mary Jane's Last Dance.

5. Sam Smith bayar royalti pada Petty

Sam Smith mengaku bahwa lagu hitnya berjudul Stay With Me sedikit banyak meniru tembang milik Petty, yakni I Won't Back Down. Dari situ, Smith membagi persenan royalti sebanyak 12,5% pada Petty.

6. Guru gitar Tom Petty

Petty mengaku bahwa sosok panutan serta guru bermain gitarnya adalah Don Felder dari The Eagles.

7. Rumah ludes terbakar

Tahun 1987, rumah Petty terbakar dan meludeskan banyak sekali barang-barangnya, termasuk kebutuhan bermusik. Sisa-sisa yang mampu diselamatkan salah satunya adalah beberapa rekaman asli materi terdahulunya serta alat musik yang tersimpan di studio bawah tanah.

8. Nama lain Tom Petty

Dalam beberapa kesempatan, Petty kerap menggunakan nama panggung lain saat tampil. Nama-nama tersebut adalah Charlie T. Wilbury, Jr. dan Muddy Wilbury. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya