Beranda Login
img_title

Dr. Junimart Girsang, S.H, M.BA, MH

politikus
3 Juni 1963
s/d
Sekarang
img_title img_title
Pilihannya merantau ke Jawa dari Sumatera tak sia-sia. Junimart Girsang justru lebih mandiri, mendapatkan pengalaman, dan kesempatan untuk berhasil. Sukses sebagai pengacara, ia menjadi politikus dari PDI Perjuangan.

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 3 Juni 1963 ini menghabiskan waktu kecilnya di tempat kelahirannya. Semasa kecilnya, Junimart seperti layaknya anak kecil lainnya, ia gemar bermain bola di halaman gedung nasional, mandi di parit, dan membantu orang tua berternak di belakang rumahnya.

Saat menginjak umur 14 tahun, Junimart yang sedang menginjak masa remajanya memberanikan diri untuk berhijrah ke Pulau Jawa yaitu Bandung, Jawa Barat untuk mendapatkan pelajaran dan pengalaman hidup. Ia sekolah dan kuliah di sana. Ternyata menjadi orang rantau malah membuatnya matang dan memotivasi dirinya utnuk menjadi orang yang berhasil.

Sejak kecil, Junimart selalu disiplin dalam mengerjakan tugas dan belajar, ia mengenyam pendidikan sekolah tingginya dan mendapat gelar S1 di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. 

Ia juga mendapatkan dua gelar master di bidang yang berbeda. Magister Managemen dari Universitas Satyagama, Jakarta dan Magister Hukum Pidana dari Universitas Padjadjaran, Bandung.  Tak hanya itu, Junimart berhasil meraih gelar doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjadjaran, Bandung.

Karier pengacara Junimart dimulai saat ia pertama kali magang di firma hukum TR. Messakh, SH & Rekan. Semua pengalaman dan pengetahuan yang ia dapat dari tempat magangnya kemudian ia praktikan langsung dengan membuka praktik hukum sendiri yaitu Kantor Hukum JnR pada tahun 1991.

Pengacara berdarah batak ini juga aktif dalam organisasi profesi seperti Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dan PERADI. Junimart sering menangani kasus yang melibatkan petinggi publik, pesohor, serta kasus-kasus artis yang ada di Indonesia.

Selain itu, Junimart juga tercatat sebagai aktivis gereja dalam berbagai kegiatan rohani hingga ia merilis 2 album lagu rohaninya sendiri.

Setelah malang melintang di dunia pengacara, Junimart terjun ke dunia politik. Ia masuk PDI Perjuangan. Pada tahun 2014, Junimart  mencalonkan diri  jadi anggota dewan dan ia terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari daerah pemilihan Sumut III.

Di DPR,  ia duduk di Komisi III (bidang menangani Hukum, HAM) dari Fraksi PDI Perjuangan.  Selain itu, ia juga menjadi wakil ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

KELUARGA
Istri: Risna Uli Sidabutar
Anak:  3 Orang

PENDIDIKAN
SD Negeri Teladan  di Sidikalang, Sumut
SMP Negeri I Sidikalang, Sumut
SMA BPPK Bandung, Jawa Barat
S1, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
S2, Program Magister Managemenr Universitas Satyagama, Jakarta
S2, Magister Hukum Pidana Universitas Padjadjaran, Bandung
S3, Doktor Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung

KARIER
Pengacara swasta
Ketua Presidium, Forum Diskusi Advokat Indonesia
Anggota, Tim Pemeriksa Hasil Uji Calon Advokat
Staf Pengajar, Kursus Advokat, Universitas Indonesia Esa Unggul (IEU) Jakarta
Anggota, PERADI
Anggota, DPP Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Bidang Advokasi dan Bantuan Hukum

PENGHARGAAN
Best Dressed Executive versi Yayasan Penghargaan Indonesia dan Studio Seven Production
Tokoh Eksekutif Muda versi Yayasan Prestasi & Penghargaan Indonesia
Tokoh Peduli Sosial Termuda Indonesia 1997
Penghargaan CITRA ADIKHARSA PEMBANGUNAN INDONESIA 1996-1997 versi Yayasan Penghargaan Indonesia dan Studio Seven Production.

Berita Terkait
Junimart Girsang

Junimart Girsang

26 Mei 2016
Junimart Girsang Mundur dari MKD

Junimart Girsang Mundur dari MKD

Politik

3 Maret 2016
Share :