Raline Shah
4 Maret 1985 - Sekarang
Raline Shah

Mengawali kariernya di ajang pemilihan Putri Sumatera Utara, mengantarkan Raline Shah ke dunia artis. Namanya pun menghiasi layar lebar Indonesia.

Raline Shah dikenal sebagai aktris tanah air berparas cantik. Ia telah memerankan beberapa film Indonesia. Namanya melesat saat membintangi film “5 cm” sebagai Riani pada tahun 2012.

Wanita kelahiran Jakarta, 4 Maret 1985 ini tumbuh besar di Medan, Sumatera Utara. Ia memiliki darah campuran Sumatera dan Malaysia dari sang ayah, Ramat Shah. Keluarga Raline juga dapat dikatakan sebagai keluarga terpandang. Sang ayah merupakan diplomat, pengusaha, mantan anggota MPR dari Sumatera Utara, dan konsulat Kehormatan Turki di Medan.

Raline dikenal piawai bernyanyi dan fasih berbahasa Inggris dan Prancis. Kemahirannya berbahasa asing ini, ia diminta bekerja di Kedubes RI sebagai MC for Tourism Event. Pada 2004, saat berusia 19 tahun, pemilik nama lengkap Raline Rahmat Shah ini mendapat penghargaan Gold International Youth Award.

Karier Raline di dunia hiburan dimulai setelah ia terpilih sebagai Putri Sumatera Utara dan Putri Indonesia Favorite pada tahun 2008. Wanita lulusan dari National University of Singapore ini pun mulai mendapat banyak tawaran mulai dari bintang iklan hingga menjadi MC program “Kitchen Beib” yang tayang di Global TV.

Raline pun terjun ke dunia akting. Ia mendapat kesempatan bermain sebagai Riani dalam fim “5 cm” yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Film yang dirilis 12 Desember 2012 ini terbilang sukses dengan meraih 2.3 juta penonton.

Selang setahun, Raline kembali bermain dalam trilogi “99 Cahaya di Langit Eropa” sebagai Fatma bersama Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, dan Dewi Sandra. Film drama religi ini juga diangkat dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yang berkisah tentang pencarian cahaya Islam di tanah Eropa yang dibawa oleh bangsa Turki di era Merzifonlu Kara Mustafa Pasha dari Kesultanan Utsmaniyah.

Kiprah Raline Shah kian melaju. Setelah “99 Cahaya di Langit Eropa” rampung. Ia kembali terlibat dalam pembuatan film Supernova pada tahun 2014 sebagai Rana. Lalu, di tahun berikutnya ia pun berperan dalam film sekuel “Surga yang Tak Dirindukan” bagian 1 dan 2.

Pada film ini, Raline berperan sebagai Meirose, seorang wanita mualaf yang memiliki gejolak dalam hidupnya. Wanita yang sudah diketahui pandai bernyanyi ini pun ikut mengisi original soundtrack dari film tersebut.

Film selanjutnya bertajuk “Terpana” kembali diperankannya bersama Fachri Albar dan Reza Rahardian yang dirilis pada tahun 2016. Film ini berkisah tentang wanita kota yang bertemu dengan pria desa dalam kesempatan yang tidak terduga.

Selain makin bersinar di layar lebar, Raline Shah juga cemerlang di dunia model iklan dan video klip musisi ternama. Bahkan kehadirannya sebagai bintang iklan disebut-sebut sebagai pengganti model cantik Luna Maya. (AC/DN)

KELUARGA
Orang Tua            : Rahmat Shah dan Roseline Rahmat

PENDIDIKAN
Ilmu Politik di National University of Singapore

KARIER

Film

5 cm (2012)
99 Cahaya di Langit Eropa (2013)
99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 (2014)
99 Cahaya di Langit Eropa The Final Edition (2014)
Supernova (2014)
Surga Yang Tak Dirindukan (2015)
Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2016)
Terpana (2016)

Presenter
Kitchen Beib (Global TV)

Model Video Klip
Supernova - Terlalu Mendamba (2011)
Anji - Berhenti di Kamu (2011)
Iskandar Widjaja - Burn (2013)
Ungu - Aku Tahu (2015)
Andre Hehanusa - all about love (2015)

Iklan
XL
Pond's
Vitalong C

Single
Kekasih Disurga (Ost Surga Yang Tak Dirindukan)