Ade Rezki Pratama
8 November 1988 - Sekarang
Ade Rezki Pratama

Langkah awal terjun ke politik langsung berujung kemenangan. Ia lolos ke Senayan dan terpilih sebagai anggota dewan termuda dengan usia 27 tahun.

Ade Rezki Pratama lahir di Bukit Tinggi, 8 November 1988. Lahir sebagai anak sulung dari seorang pengusaha sukses di Sumatera Barat, H.Nelson Septiadi, SE. Ayahnya adalah pemilik PT Niagara Fantasi Island (MIFAN), pemilik pasar swalayan Niagara, dan pendiri pesantren Al Quran Center.

Keberadaan ayahnya ini tidak membuat Ade Rezki Pratama menjadi anak yang angkuh dengan kekayaan ayahnya yang ia nikmati dari kecil. Sejak kecil Ade sudah dididik oleh ayahnya untuk tetap rendah hati, bersahaja, peduli kepada banyak orang dan tidak pernah melupakan Tuhan.

Ade mengenyam pendidikan dasar hingga menengah di kota kelahirannya. Ia bersekolah di SD Islam Masyitah, SMP dan SMAN 6 Bukit Tinggi. Lulus sekolah menengah, pada usianya yang ke 19 tahun, Ade memberanikan diri meninggalkan orang tuanya untuk melanjutkan kuliah di Jakarta.

Ade mengambil jurusan ekonomi di Universitas Trisakti. Meski jauh dari pengawasan orang tua, Ade tetap menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya. Bahkan setelah selesai S1-nya, ia melanjutkan S2 di kampus yang sama. Pada usia 25 tahun, ia sudah berhasil meraih gelar magister.

Selain belajar, Ade juga terlibat dalam kegiatan mahasiswa. Ia menjadi penggurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (BPHMJ-MJ), Universitas Trisakti Jakarta 2009. Setahun kemudian, ia aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM-FE) Trisakti.

Keseriusan Ade belajar ilmu manajamen diganjar ayahnya sebagai Komisaris di perusahaan keluarganya PT. Niagara Fantasy Island, Sumatera Barat. Padahal umurnya baru 19 tahun. Ade dituntut memadukan ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan praktik di kantoran. Selain menjabat sebagai komisaris, Ade menjadi Direktur PT. Nesokama Ramanda Utama di Bukit Tinggi  dan juga PT. Kones Taeya Industry Bekasi Jawa Barat 2012.

Selain berkecimpung di dunia bisnis, Ade tertarik juga dengan dunia politik dan menjatuhkan pilihannya ke Partai Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto.

Pada Pemilu 2014, Ade Rezki terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia terpilih dari Dapil Sumatera Barat II dengan memperoleh 71,847 suara dan duduk di Komisi V (Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi & Geofisika).

Namanya mulai menasional saat memimpin sidang Rapat Paripurna DPR RI dengan agenda pelantikan anggota DPR RI 2014-2019. Tata tertib DPR menyebutkan yang memimpin rapat paripurna pertama adalah anggota tertua dan termuda.

Saat itu Ade sebagai anggota DPR termuda, ia berusia 27 tahun, bersama Ceu Popong sebagai anggota DPR tertua. Perpaduan Ceu Popong dan Ade membuat suasana paripurna yang tegang menjadi cair. (BS/DN)
                       

PENDIDIKAN
SD Islam Masyitah Bukittinggi Lulus 2000
SLTPN 6 Bukittinggi Lulus 2003
SMAN 6 Bukittinggi Lulus 2006
S1, Universitas Trisakti Jakarta Lulus 2011
S2, Universitas Trisakti Jakarta Lulus 2013

KARIER
Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (BPHMJ_MJ) Universitas Trisakti Jakarta, 2009-2010
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM-FE) Universitas Trisakti Jakarta, 2010/2011
Pengurus PBSI Kota Bukit Tinggi,  2010
Pengurus KADIN Kota Bukit Tinggi,  2010
Pendiri Pesantren Amal Bakti Haji Nadis Gulai Bencah Kota Bukittinggi, 2011
Komisaris PT. Niagara Fantasy Island (MIFAN) Padang Panjang Sumbar, 2009
Direktur PT. Nesokama Ramanda Utama Bukittinggi Sumbar 2012
Direktur PT. Kones Taeya Industry Bekasi Jabar 2012
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, 2014-2019