Hebat, Kontingen RI Raih Emas di Olimpiade Khusus

Kontingen Indonesia sumbang medali emas dan perak Olimpiade Khusus
Sumber :
  • KJRI Los Angeles
VIVA.co.id
Buat Indonesia Bangga, Atlet Special Olympic Diguyur Bonus
- Pembukaan Special Olympics World Games (SOWG) 2015 berlangsung di Los Angeles Memorial Coliseum, Sabtu waktu setempat (25/7). Sebanyak 7.000 atlet dari 177 negara akan bertanding dalam turnamen olahraga terbesar untuk para penyandang tuna grahita tersebut, yang berlangsung pada 25 Juli – 2 Agustus 2015.

Hari Terakhir Olimpiade Khusus, Atlet RI Tambah Medali

Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi, mengungkapkan bahwa pada hari pertama Olimpiade, kontingen Indonesia sudah menyumbang sejumlah medali. “Dua emas dan satu perak. Semuanya dari cabang renang,” kata Umar hari ini.
Tim Sepakbola RI Raih Emas di Olimpiade Khusus


Menurut siaran pers KJRI Los Angeles, pada turnamen tahun ini, Indonesia mengirimkan 40 orang atlet yang akan berkompetisi di 7 dari 25 cabang olah raga yang dipertandingkan, yaitu akuatik, atletik, badminton, basket, bocce, sepakbola 5-a-side, dan tenis meja. Mereka didampingi oleh 19 pelatih dan ofisial dari Special Olympics Indonesia (SOIna).


Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua SOIna, Pudji Hastuti, turut serta dalam barisan parade Kontingen Indonesia saat memasuki arena upacara pembukaan.


Upacara pembukaan tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan sejumlah artis ternama, antara lain Stevie Wonder, Cody Simpson, Avril Lavigne, dan Nicole Scherzinger.


SOWG 2015 tersebut dibuka langsung oleh First Lady Michelle Obama, mewakili Presiden Barack Obama. Presiden Obama dan Ibu Negara merupakan Honorary Chairs SOWG 2015. Upacara pembukaan selanjutnya diikuti dengan penyalaan api abadi Olimpiade, yang juga dimeriahkan dengan sejumlah permainan kembang api.


SOWG 2015 merupakan event olahraga terbesar di Los Angeles sejak berlangsungnya Olimpiade Musim Panas pada tahun 1984 yang lalu. Seperti juga Olimpiade, Special Olympics diadakan setiap 4 tahun sekali, berselang antara turnamen musim panas dan musim dingin.


Special Olympics musim panas sebelumnya berlangsung di Athena, Yunani. Pada turnamen tersebut, Kontingen Indonesia berhasil meraih prestasi yang membanggakan, yaitu dengan perolehan 15 medali emas, 13 perak, dan 11 perunggu. Indonesia pertama kali turut serta pada Special Olympics musim panas tahun 1991, dan hingga kini telah turut serta dalam 6 turnamen musim panas, dan 2 kali turnamen musim dingin.


Olimpiade Khusus Dunia tahun ini berlangsung di Kota Los Angeles, AS, dan dibuka pada 25 Juli 2015 dan berlangsung hingga 2 Agustus 2015. Para peserta adalah 6.500 penyandang disabilitas intelektual dari berbagai negara, termasuk Indonesia.


Walau menyandang disabilitas intelektual, mereka akan berkompetisi di cabang-cabang olahraga seperti yang dilakukan oleh orang-orang biasa, termasuk senam, atletik, bola basket, sepak bola, dan lain-lain.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya