Canelo Tundukkan Cotto dengan Kemenangan Mutlak

Pertarungan kelas menengah WBC antara Canelo Alvarez dan Miguel Cotto.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
LIVE tvOne: Tinju Dunia, Miguel Cotto Vs Canelo Alvarez
- Petinju Meksiko Saul 'Canelo' Alvarez memperoleh kemenangan dengan keputusan mutlak (unanimous decision), melawan Miguel Cotto dari Puerto Rico, dalam pertarungan di Mandalay Bay Events, Las Vegas, Minggu, 22 November 2015.

Petinju Ini Dijagokan Jadi Penerus Mayweather

Kedua petinju terlihat bertukar pukulan selama 12 ronde. Tapi pertarungan yang mengingatkan rivalitas klasik Meksiko-Puerto Rico, antara Oscar De La Hoya vs Felix Trinidad pada 16 tahun silam, itu ternyata berakhir dengan selisih terpaut cukup jauh.
Pelatih Pacquiao Punya Rencana Baru Terkait Mayweather


Tiga juri yaitu John McKaie, Dave Moretti dan Burt Clements memberikan angka masing-masing 117-111, 119-109 dan 118-110. Laga memperebutkan sabuk juara dunia WBC kelas menengah yang disiarkan langsung TV One, itu berlangsung panas sejak ronde pertama.


Canelo berhasil memasukkan jab, yang segera dibalas Cotto dilanjutkan dengan hook kiri yang cepat. Petinju Puerto Rico yang terkenal dengan hook kiri yang cepat dan kuat, itu terlihat unggul di ronde pertama.


Hingga ronde empat kedua petinju masih terlihat imbang. Tapi kekuatan fisik Canelo yang berusia 10 tahun lebih muda dari Cotto (35 tahun), menjadi perbedaan yang signifikan. Canelo mulai memperlihatkan dominasinya di babak kelima.


Cotto tampak bangkit di ronde keenam, di mana pertarungan terlihat sangat panas. Canelo berusaha memanfaatkan keunggulan staminanya dan terus menekan. Tapi Cotto sebagai petinju yang lebih berpengalaman, menolak untuk menyerah.


Berkali-kali Cotto berhasil mendaratkan jab tepat sasaran ke tubuh Canelo. Memasuki ronde ketujuh, Canelo terus mendominasi hingga ronde terakhir, namun dia tidak berhasil dalam upayanya mengkanvaskan sang juara bertahan WBC.


Menurut statistik pertandingan, Canelo berhasil mendaratkan 155 dari 484 pukulan (32%), sementara Cotto hanya 129 dari 629 pukulan (21%). Hasil pertarungan memperpanjang rekor Canelo menjadi 46 kemenangan.


Petinju Meksiko itu hanya sekali mencatatkan kekalahan, yaitu dari petinju Amerika Serikat (AS) Floyd Mayweather dua tahun silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya