Tekuk Malaysia, Indonesia Tatap Partai Puncak AJC 2017

Ganda putra junior Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana
Sumber :
  • PP PBSI

VIVA.co.id – Tim tuan rumah Indonesia memastikan langkah ke partai puncak ajang beregu campuran Asia Junior Championships (AJC) 2017. Tiket laga final tersebut diraih usai berjaya dalam duel semifinal atas Malaysia dengan skor 3-1, Senin 24 Juli 2017 di Jaya Raya Sports Hall Training Center, Bintaro, Tangerang Selatan.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Torehan ini sekaligus melampaui target awal Indonesia yang mematok babak semifinal sebagai capaian maksimal. Indonesia juga berhasil mencetak sejarah karena untuk pertama kalinya bisa masuk ke partai puncak.

Sejak 2006, laga beregu AJC menggunakan format serupa dengan Piala Sudirman. Indonesia tercatat belum pernah menembus babak final di ajang beregu campuran junior ini.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Namun, pada pertandingan beregu AJC yang berlangsung sejak 1997 hingga 2005, dengan format Piala Thomas dan Uber, tim putra Indonesia pernah menjadi juara pada 1999 dan 2002.

Duo ganda putra, Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi penentu kemenangan skuat Merah Putih ke babak final setelah pada partai keempat berhasil mengalahkan Yee Jun Chang/Wei Chong Man, 21-17 dan 21-15.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

“Yang pasti bangga bisa menjadi penentu Indonesia ke babak final. Bawa nama Indonesia untuk pertama kalinya dan bisa menyumbangkan poin,” ungkap Adnan usai bertanding seperti dikutip rilis resmi PP PBSI.

“Permainan mereka enggak beda jauh dengan yang kami perkirakan sebelumnya. Ada bola-bola serobotannya dan main adu depannya. Tapi kami sudah bisa mendahului lawan,” tutur Fikri.

Adnan/Fikri mengaku cukup puas dengan penampilannya hari ini. Mereka pun mengatakan bahwa laga melawan Malaysia kali ini menjadi penampilan terbaik mereka selama di pertandingan beregu ini.

“Kami puas dengan penampilan hari ini. Ini merupakan penampilan terbaik kami dan bisa all out. Semoga nanti di final bisa terus mempertahankan penampilan seperti ini,” ujar Adnan.

Lolos ke final, Indonesia masih akan menunggu siapa lawannya yakni antara tim Jepang atau Korea Selatan.

Berikut hasil lengkap laga semifinal Indonesia vs Malaysia (3-1):

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung vs Goh Jin Wei, 21-11, 17-16 retired

Tunggal Putra: Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu vs Jun Hao Leong, 17-21, 12-21

Ganda Putri: Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Goh Jin Wei/Pearly Koong Le Tan, (walkover)

Ganda Putra: Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Yee Jun Chang/Wei Chong Man, 21-17, 21-15

Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Eng Cheong Ng/Ee Wei Toh, (tidak dimainkan)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya