Birokrasi Baru Olahraga Nasional Usai Bubarnya Satlak Prima

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas sudah resmi dibubarkan oleh pemerintah. Itu menyusul terbitnya Peraturan Presiden pada Rabu 18 Oktober 2017.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Dengan bubarnya Satlak, otomatis ada perubahan sistem dalam birokrasi olahraga nasional. KONI nantinya akan diberikan beban sebagai pengawas dan fasilitator dalam kegiatan olahraga nasional.

Sementara, terkait program teknis atlet, akan diserahkan langsung kepada Pengurus Besar masing-masing cabang olahraga. Dengan demikian, setiap PB bertanggung jawab langsung terkait program pelatnas di berbagai ajang.

Tingkatkan Prestasi Pemuda dan Olahraga Nasional, Menpora RI dan Dispora DKI Berkolaborasi

"Ini jadi bukti keseriusan pemerintah terkait dengan terbitnya Perpres mengenai Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, Kamis 19 Oktober 2017.

"Yang perlu kami sampaikan, pertama adalah ditetapkan dan ditandatanganinya Perpres, berarti ada peralihan fungsi. Tadinya ada di Satlak, kemudian dikembalikan ke Kemenpora dan dipegang langsung oleh induk cabor serta divisi," lanjut dia.

Asosiasi Olympian Indonesia Gelar Aksi Sosial

KONI nantinya bukan hanya pengawas dan fasilitator. Mereka juga memiliki peran sebagai pembantu Kemenpora dalam program menuju Asian Games 2018.

"KONI sesuai dengan Perpres diminta untuk membantu Kemenpora soal koordinasi pencapaian target dan penanganan kendala, itu jadi kewajiban KONI," terang Gatot. (one)

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

DPR RI menggelar rapat kerja Komisi X bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendiskusikan pemberian rekomendasi Maarten Paes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024